Widya Murad Buka Kemah Bakti Pramuka di SMA Kristen YPKPM Ambon

Tak Berkategori

KABARTERKINI.NEWS– Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad membuka secara resmi kegiatan Kemah Bakti Pramuka yang bertempat di Gugus Depan Yosep KAM Pangkalan SMA Kristen YPKPM Ambon, Jumat (28/04/23).

Acara pembukaan dimulai dengan pemukulan tifa oleh Ina Latu Maluku sapaan akrab Widya yang dilakukan pada lapangan SMA Kristen YPKPM Ambon.

Dalam sambutan-nya Widya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kepramukaan yang tidak lekang oleh zaman, dibalut dengan berbagai aktivitas-aktvitas menarik dan penuh pengabdian kepada Masyarakat.

Selain itu kata Widya, Kwartir Daerah Maluku selalu memberikan atensi berupa dukungan terhadap kegiatan para anggota muda.

“Kwarda selalu memberi dukungan terhadap kegiatan anggota muda demi terciptanya pembentukan karakter, berdedikasi, penambahan wawasan dan keterampilan juga mempersiapkan diri sebagai kader-kader penerus bangsa,” terangnya.

Dijelaskan, kegiatan Kemah Bakti ini adalah media untuk mengarahkan anggota Gerakan Pramuka Maluku khususnya Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus peka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar sebagaimana yang telah kita ikrarkan melalui Tri Satya.

Kata Widya, janji kita sebagai anggota Pramuka yang tertuang dalam Tri Satya inilah yang harus kita pedomani dalam menjalankan akrivitas keseharian kita.

“Janji kita yang pertama yakni akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila, merupakan tiang utama dalam menyangga kekuatan Keimanan dan berjiwa nasionalisme” jelasnya.

Lanjutnya, janji kedua yaitu menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat merefleksikan jiwa sosial yang murni tulus ikhlas dalam membantu sesama “hal membanggakan inilah yang sedang kakak-kakak coba terapkan,” pungkasnya.

Janji Kita yang ketiga yakni, menepati Dasa Dharma. “ini merupakan dasar-dasar kebajikan yang wajib dimiliki setiap anggota Pramuka”tuturnya. Menurutnya, semua point tadi bertujuan meningkatkan peran anggota Pramuka dalam menghadapi era digital yang semakin transparan.

“Anggota Pramuka khususnya anggota muda dapat memainkan peran duta perubahan perilaku sebagai bentuk filterisasi terhadap pengaruh-pengaruh buruk lingkungan dan perkembangan jaman,” tegasnya.

Mengingat, pentingnya peran anggota muda maka saya titipkan harapan kepada kakak-kakak pengurus kwartir maupun Pembina gugusdepan dapat memberikan perhatian lebih terhadap  anggota muda, Pupuk terus semangat berkarya Pramuka Penegak dan Pandega untuk kemajuan Bangsa dan Negara.

Widya menghimbau, untuk tidak jenuh-jenuhnya mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan kepramukaan, mendorong setiap unit untuk lebih selektif dalam merencanakan program atau kegiatan dan meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme saat melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Turut hadir, Para Wakil Ketua dan Pengurus Kwartir Daerah Maluku, Kwartir Cabang dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Ambon , Dewan Kerja dan peserta serta para tamu undangan lainya.*** TASYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *