Pesona 02 Luhu-Iha Perkuat Silaturahmi Warga Huamual Melalui Dayung Tradisional

Indonesia Indah Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS— GELARAN lomba dengan melibatkan negeri-negeri dan dusun-dusun usai Idul Fitri kerap dilakukan di Maluku.

Hal ini bahkan menjadi tradisi tahunan.

Sebagaimana dilakukan oleh, gabungan angkatan Pesona 02 Luhu, Iha dan Kulur membuka lomba Dayung Perahu untuk masyarakat kecamatan Huamual.

Informasi yang dihimpun, kegiatan tersebut disponsori oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seram Bagian Barat (SBB) Abdul Rasyid Lisaholit yang juga merupakan kelompok komunitas kreatif tersebut.

Hal tersebut dibenarkan Lisaholet usai membuka kegiatan tersebut.

“Dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri. Ini tahun kedua Pesona 02 menggelar lomba ini,” kata Abdul Selasa, 25 April 2023.

Pria yang menjabati ketua DPRD SBB itu juga menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memotifasi seluruh masyarakat Huamual dalam hal tampilan  mendayung.

“Kami yakin bahwa memang semua orang pintar mendayung, tapi ini merupakan suatu lomba yang mempunyai ciri khas tersendiri untuk bagaimana memotofasi seluruh masyarakat SBB yang mungkin memiliki skil cepat dan baik,” ujar Abdul.

Dirinya berharap agar setiap masyarakat dapat memeriahkan, serta mempersiapkan diri untuk membentuk strategi dalam mengikuti kegiatan mendayung.

Sementara ketua Panitia Irwan Kaliky, menyatakan, peserta yang ikut memeriahkan lomba dalam rangka hari raya Idul Fitri 1444 H itu sebanyak 35 peserta.

Sebaran peserta merata hingga menyasar di wilayah 19 dusun. Ditamba yang berada di desa maupun dusun-dusun di kecamatan Huamual. Diantaranya Desa Ariate sampai ke dusun-dusun Iha maupun Luhu.

“Target kegiatan ini, bukan hanya mengikuti kegiatan yang ada di kecamatan Huamual saja, tatapi juga dapat memotifasi untuk mengikuti even-even di tikatkan kabupaten SBB dan tingkat Provinsi,” Ujar Irwan.

Untuk diketahui, sirimoni kegiatan ini dilaksanakan di pelabuhan raya desa Luhu dan dihadiri oleh pejabat Kulur, sekertaris desa Iha, sekertaris desa Luhu, dan perwakilan polsek Huamual, serta Ketua DPRD SBB.**** TASYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *