Terjaring 6 Balon Kepala Daerah, DPD NasDem Kota Ambon Resmi Tutup Penjaringan

Kabar Daerah News Politik

KABARTERKINI.NEWS– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Ambon resmi menutup proses penjaringan bakal calon (Balon) walikota dan wakil walikota.

“Penutupan proses penjaringan ditetapkan sesuai pleno DPD Partai Nasdem Kota Ambon. Dari pleno tersebut , tercatat enam bakal calon walikota dan satu bakal calon wakil walikota yang telah melakukan pengembalian berkas pendaftaran,” ungkap Ketua DPD Partai Nasdem Kota Ambon, Maurits Tamaela, Rabu (8/5)

Dijelaskannya, Enam Bakal Calon Walikota Ambon yang terdaftar diantaranya, Bodewin Wattimena, Agus Ririmasse, Anthony Gustaf Latuheru, Jantje Wenno, E. Tahapary, dan Alexander Waas. Sedangkan, Satu Bakal Calon Walikota Ambon yaitu H. Mus Mualim.

Menurut Tamaela, ada beberapa indikator yang menjadi persyaratan bagi Partai Nasdem dalam menentukan pilihan terhadap siapa yang nantinya akan mendapat kepercayaan untuk mengantongi rekomendasi partai.

Indikator tersebut lanjutnya, menjadi produk internal partai yang tidak dapat dipublish secara umum karena menjadi mekanisme partai. Sehingga , untuk memenuhi indikator tersebut, para bakal calon harus memenuhi 15 persyaratan. Dimana 15 persyaratan tersebut telah mencakup persyaratan umum dan khusus.

“Dari sekian calon yang mendaftar, kami anggap memenuhi syarat normatif. Namun kami ingin menegaskan, proses ini masih panjang. Saat ini, yang kami laksanakan hanyalah tahapan penjaringan. Sehingga panitia penjaringan telah merampung seluruh dokumen maupun barasi yang nantinya akan menjadi bahan untuk ditindaklajuti pada tungkat aras,” terangnya.

Tamaela menegaskan, tidak ada perenkingan di tingkat kota karena hal tersrbut menjadi kewenangan DPP Partai Nasdem. Untuk itu, setelah ini melalui DPP Partai, panitia penjaringan akan melanjutkan seluruh dokumen ke tingkat DPW untuk kemudian di tetapkan pada pleno tingkat Wilayah.

“Kami hanya menjaring. Ada 15 item syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon tertuang syarat umum dan khusus. Semua berkas sudah ada. Kami akan lanjutkan pada tingkat wikayah esok hari.
Dan selanjutnya dilanjutkan oleh pleno wilaya,” ungkap Tamaela.

Dikatakan, dari seluruh calon yang ada, tidak ada calon spesial. DPD NasDem kota Ambon tidak mengarah ke siapapun.

“Untuk itu bagi putra-putra terbaik daerah yang mendaftar, kami berharap dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Intinya kami bersyukur, ada enam bacalon walikota dan satu bacalon walikota yang secara resmi siap merebut hati partai nasdem sebagai kendaraan politik dalam perhelatan pemilukada kota Ambon nanti,” terang Tamaela.

Seluruhnya kata anggota DPRD terpilih itu, akan tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan partai, seperti pelaksanaan feat and propert test yang akan berlangsung di tingkat pusat.

“Sehingga siapapun yang nanti mendapat kepercayaan partai Nasdem, itulah yang telah memenuhi seluruh unsur dan persyaratan yang ada. Tentu keputusan tersebut mutlak menjadi keputusan DPP, dan tidak dapat dianulir hanya untuk kepentingan golongan maupun pribadi,” pungkas Tamaela.*** Galang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *