Sambut Tahun Baru Islam, KNPI SBT dan Pengurus Masjid Al-Ikhwan Gelar Pawai Akbar

Tak Berkategori

KABARTERKINI.NEWS- Hari ini merupakan penghujung dalam penanggalan kalender islam 1441 Hijriah. Oleh karenanya jutaan umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan Tahun Baru Hijriah, termasuk di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) versi Tahir Rumasera, dan Pengurus Mesjid Al-Ikhwan Bula rangkaian acara peringatan tahun baru hijriah digelar pawai akbar tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, Minggu (01/9) yang dipusatkan di sejumlah ruas jalan dalam Kota Bula.

Ketua panitia Ismail Rumbalifar mengatakan, kegiatan tersebut diikuti pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA Sederajat, dan Mahasiswa serta masyarakat yang berada di Kota Bula Kabupaten SBT.

“Kegiatan ini diikuti ratusan peserta, sebagai bentuk menyambut tahun barus islam 1 Muharam 1441 H” tutur  Rumbalifar, saat diwawancarai di depan  Masjid Al-ikhwan Bula pada Minggu, (1/09/19).

Rumbalifar, yang juga Sekretaris KNPI Kabupaten SBT itu berharap, antusia warga dalam kegiatan hari-hari besar islam ini sangat penting. Sebab, pada momentum itu, masyarakat bisa terjaga hubungan silahturahmi antara sesama.

“Kami harapkan, di tahun baru islam ini, masyarakat di bumi SBT, terus menjaga hubungan kekeluargaan, menjaga tali silaturahim, dan menjunjung tinggi toleransi antar sesama” harap Rumbalifar yang juga Anggota DPRD SBT terpilih itu.

Selain itu, Amin Rumbara dalam memandu peserta pawai akbar dirinya menyampaikan, semua peserta diwajibkan bershalawat saat berjalan kelilingi rute-rute kegiatan. “Sepanjang jalan semua peserta harus Bersalawat” ucap Rumbara.

Rumbara yang diketahui mantan penyiar di media RRI Bula itu, pihaknya mengucapkan ribuan terimakasih kepada Polres Kabupaten SBT. Yang sudah sedia mengawal kegiatan dimaksud. “Kami ucapkan terimakasih kepada Polres SBT. Terutama ibu-ibu polwan yang sudah hadiri menjaga keamanan saat kegiatan berlangsung” kata Rumbara.

Diketahui, Peserta pawai akbar dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten SBT Syarif Makmur di Pelataran Depan Mesjid Al-Ikwan Bula. Selanjutnya iring-iringan peserta melewati rute Jalan MS Padede, Jalan Kelapa Dua melewati Jalan Ampera menuju Jalan MS Padede dan kembali ke Mesjid Al-Ikhwan Bula.

Semua peserta mengenakan pakaian muslim, yang didominasi warna putih. Mereka berjalan sambil mengumandangkan shalawat serta membawa sejumlah poster maupun spanduk yang berisi dakwah dan syiar-syiar Islam.

Sekda, saat melepaskan peserta menyampaikan, pawai yang dilaksanakan dalam rangka tahun baru Islam itu sebagai bentuk manifestasi atas kesungguhan dalam mengangungkan kebesaran Islam. Sekda berharap pelaksanaan pawai itu mampu mendorong semangat hijrah umat Islam di Kabupaten SBT menuju perubahan dan kemajuan di bumi Ita Wotu Nusa.**Sof|Editor Baim Rumadaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.