13 Mahasiswa KKN UKIM di Piru Bantu Pemkab SBB

Kabar Daerah News Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS- Desa Piru Kecamatan Seram Barat kabupaten SBB, menerima 13 Mahasiswa KKN UKIM Angkatan XLVI.TA.2018/2019.

Mahasiswa KKN Ukim tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Barat.Selama masa pengabdian mahasiswa Universitas Kristen itu akan melakukan sejumlah program yang telah diagendakan. Diantara program yakni, bakti Masal di Dusun-Dusun petuanan desa Piru.

Selain bakti menyambangi masyarakat, para pengabdi di akhir studi kampus ini berencana melakukan penanaman Bakau dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab SBB.

Selain itu, ada juga Sosialisasi HIV/Aids, Miras di SMP Kristen dan SMP Negeri I Piru. Bukan hanya itu, sosialisasi Penggunan bahasa yang benar dan, duta bahasa yang dibawakan oleh Nelcie Valensya  Musa, Duta Bahasa Maluku di SMA I Seram Barat.

Nelcia Valensia merupakan salah satu peserta KKN kepada media ini di Piru mengaku, masi banyak anak-anak SMA I Seram Barat cendrung memakai dialeg Ambon atau bahasa dialeg daerah/kampung sendiri. Padahal bahasa Indonesia dianjurkan dan merupakan sebuah kewajiban dalam berkomunikasi formal.

Dengan adanya Sosialisasi bahasa yang baik ini, Valensya menghimbau agar pelajar bisa lebih memahami Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Serta menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan benar sesuai dengan kaedah kaedahnya.

Valensya menambahkan dirinya sebagai Duta bahasa menghimbau agar Anak SMA lebih lagi menekan membandingkan mana Bahasa Alai dan bahasa Indonesia. Bahasa Alai yang di sebut Bahasa Lebai dipakai Anak SMA jaman sekarang baik itu secara lisan maupun tulisan seperti di Sosial Media (Facebook,massagger.dan WhatsApp.

Duta Bahasa 2018 ini berharap agar Anak SMA I Piru lebih menekan akan kaedah kaedah Bahasa Indonesia,supaha mereka lebih tau dan benar maknanya bahasa Indonesia yang betul. Tujuannya agar Berbahasa Indonesia yang benar dan jelas.

Untuk diketahui, 13 mahasiswa yang melakukan pengabidan tugas akhir Kampus tersebut diantaranya, Ages Parera Fakultas Kesehatan, Christi Irene Hattu Fakultas Kesehatan, Gracela Manuputty Fakultas Kesehatan, Herlen Lewerissa Fakultas Kesehatan, Jones .W.R.Perullu Fakultas Teknik, Leony Tuhumena Fakultas kesehatan, Merlyn.Pattileuw Faultas Kesehatan, Marlien.L.Ngilawana fakultas kesehatan, Nelcie Valensya Mussa Fakultas Ekonomi , Patrick.F.Sopamena Fakultas Teknik, Riliya.Pesiwarissa Fakultas Ekonomi, Sofia.L.Wattimena Fakultas kesehatan dan Yosua Bastian Fakultas Ekonomi.**** NUS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.