USAI SALURKAN BANTUAN DI WILAYAH KAIRATU, BUMN BUKA POSKO DI HUAMUAL

Kabar Nasional News

Sebelumnya, BUMN dalam lawatan perdana ke SBB dalam rangka BUMN Hadir Untuk Negeri -Tanggap Gempa, di wilayah kecamatan Kairatu, Kementerian BUMN telah menyalurkan bantuan yang langsung diterima oleh Bupati kabupaten SBB (Sabtu, 28/09/2019).

Selanjutnya lawatan kedua rombongan yang dipimpin Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis kementerian BUMN RI, Hi. Hambra Samal, membuka posko induk di wilayah kecamatan Huamual, kabupaten SBB, Minggu (29/09). Pembukaan posko sekaligus penyerahan bantuan di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Mansur Tuharea.***

KABARTERKINI.NEWS– BANTUAN dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mengalir ke Provinsi Maluku pasca Gempa bermagnitudo 6,8 mengguncang Ambon, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat (SBB).

Kali ini, BUMN bukan saja menyalurkan bantuan, melainkan membuka posko induk untuk wilayah pesisir kecamatan Huamual. Tepatnya di dusun ketapang desa Lokki.

Hambra Samal, Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis kementerian BUMN RI mengaku, sejak hari pertama gempa, kementerian BUMN dan yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri telah hadir di Kota Ambon dan membuka posko. Selain posko, BUMN juga menyalurkan bantuan kebutuhan pokok para pengungusi korban gempa Ambon.

Kembali untuk Posko baru di Huamual, Hambra menegaskan nantinya akan ber-afialiasi dengan pemerintah kabupaten SBB untuk membantu para korban yang bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Dikatakan, khusus posko di kecamatan Huamual dusun Ketapang akan dikelolah PT. Jasa Raharja (Persero).

Sementara itu, Kepala Cabang Jasa Raharja Maluku, Muhammad Iqbal Hassanudin menyatakan, pihaknya diamanahkan Kementerian BUMN RI untuk menjadi kordinator posko dusun Ketapang desa Loki.

Ia menjelaskan, pendirian posko induk di jazirah Huamual itu sebagai wujud kepedulian dan kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat yang mengalami musibah gempa bumi.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa gempa terkadang menimbulkan peristiwa lainnya yaitu tsumani, hal ini yg menjadi kekhawatiran masyarakat sehingga memilih mengungi ketempat yg lebih tinggi.Saat itu pastinya masyarakat membutuhkan bantuan dari semua pihak agar kebutuhan sehari-hari atau sembako dapat terpenuhi,” ungkap Iqbal.

“Kehadiran Posko BUMN sebagai dukungan kepada pemerintah Kabupaten dalam melayani masyarakatnya,” tambah Iqbal menekan.

Pihaknya berharap, masyarakat tidak mudah percaya begitu saja atas isu-isu liar yang dihembuskan oleh orang tak ber-tanggung-jawab perihal Tsunami dan bencana lainnya.

“Percayakan kepada pemerintahan atau lembaga pemeritah yang khsusus menangani perkara tersebut. Karena mereka terus memberikan informasi tentang gempa dan efeknya nanti,” pungkas dia.

Sebelumnya untuk diketahui, agenda pembukaan posko induk sekaligus peyerahan bantuan di hadiri perwakilan pemerintah kabupaten Seram Bagin Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) SBB, Mansur Tuharea yang didampingi oleh camat kecamatan Huamual, Dimitri Riry.

Hadir pula sejumlah anggota DPRD, yakni, Taher Bin Ahmad Fraksi PKB Dapil Huamual dan anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil SBB, Turaya Samal Fraksi PKS dapil SBB.

Kesempatan itu, BUMN melalui kordinator Posko (PT. Jasa Raharja) bersama Direktur Teknik dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) La Mane serta GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Eddy Hermawan, Maluku menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga melalui kepala dusun ketapang, Muhamad Arsad Sukur M Nur di dampingi kepala Desa Lokki.***FIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *