Rektor IAKN Ambon Resmi Menarik Mahasiswa Magang Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon Resmi menarik mahasiswa praktek Kerja Lapangan atau magang Program Studi Pariwisata Budaya dan Keagamaan.

Penarikan tersebut langsung oleh Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru didampingi Dekan Fakultas, Febby N Patty, pada Senin, 11 Desember 2023.

Penarikan tersebut ditandai dengan dilakukan penanggalan name tag secara simbolis oleh Rektor IAKN Ambon, dan didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial.

REKTOR IAKN Ambon Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru dalam sambutannya mengapresiasi program yang berjalan sesuai harapan akademik.

“Bahwa sebagai pimpinan IAKN Ambon, pertama men-support kegiatan magang ini karna bagi kami di perguruan tinggi memang penting kolaborasi antara perguruan tinggi dengn dunia kerja baik swasta maupun pemerintah,” akui Rumahuru.

Dikatakan, melalui kegiatan magang ini, mahasiswa dapat mengasah skill untuk mengisi kebutuhan birokrasi Pariwisata atau mengisi bisnis di bidang pariwisata.

Selain itu, kata Rumahuru, mereka bisa merasakan sendiri bahwa ternyata belajar itu tidak cukup secara teoritis tetapi juga perlu adanya prektek atau implementasinya dan diantara keduanya itu ada dialektika yang membentuk skill baru atau pengetahuan baru bagi mereka.

Tak lupa, Rektor secara institusi akademik IAKN Ambon menyampaikan terima kasih kepada sejumlah instansi yang telah menerima mahasiswa magang yang diterjunkan prodi Pariwisata Budaya dan Agama.

“Kepada masing-masing pimpinan dan General Manager baik di  Hotel,  kepala dinas dan lainya, atas nama lembga kami mengucapkan terima kepada setiap institusi yang telah menerima anak-anak kami,” pungkasnya.

Sementara Penanggung jawab kegiatan Magang, Dr. Sipora B. Warella yang juga Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan menyatakan, kegiatan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa  berlangsung selama satu bulan 11 hari.

Sejumlah tempat yang dijadikan lokasi pra kerja mahasiswa seperti Hotel Santika, Swiss-Belhotel, Golden Place Hotel, Dispar Maluku, Kota Ambon, Maluku Tengah, dan Kota Tual, kemudian di Museum siwalima, King Sejong Institute dan Bandara Pattimura.

Apresiasi Industri Perhotelan

Perwakilan instansi perhotelan melalui managemen Santika Hotel, Willy, menyatakan menyampaikan kesan dan kesan pihkanya.

Dimualai dengan memberikan apresiasi, Willy mengatakan,  magang kedepannya boleh diperpanjang  3-6 bulan.

Ini kata dia, sehingga adik-adik mahasiswa bisa lebih banyak lagi belajar didunia kerja, sebab 1 bulan lebih itu rasanya tidak cukup.

“Kami pihak santika sangat mendukung, dengan adanya magang speerti ini. Kami sangat mensupport lembaga pendidikan baik itu dari kampus, sekolah maupun dari BLK, kita sangat mendukung sesuai visi misi santika untuk memajukan SDM yang ada di kota ambon khususnya dibidang perhotelan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penarikan itu, wakil dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Keagamaan, perwakilan dari Swiss-Belhotel, perwakilan hotal Santika, dari DisPar provinsi Maluku, perwakilan Manise hotel dan sejumlah pejabat dan dosen di IAKN Ambon.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *