Polres Seram Bagian Barat Rayakan Idul Adha 1441 H

Kabar Daerah Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS– PERAYAAN Idul Adha atau sering disebut Idul Qurban juga dilakukan jajaran Polres Seram Bagian Barat (SBB).

Perayaan hari bersejarah umat Muslim itu dimulai dengan Sholat Idul Adha di Masjid Al-Iqodul  yang dipimpin Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten SBB, Abdul Gani Wael.

Sholat Ied Idul Adha 1441,H di hadiri Waka Polres SBB Kompol  Akmil  Djapa  S. Ag,  Kasat Sabhara Polres SBB Iptu H. Yahelisa,  Kasat Narkoba Polres SBB Iptu Ysman Ode Bellu , Kasubag Sarpas Polres SBB Iptu  La Ode Amaludin, KBO  Reskrim Polres SBB Ipda  I. Lestaluhu dan Personil Polres SBB yang beragama muslim.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha, jajaran Polres SBB juga melaksanakan penyembelihan hewa Qurban. Ceremonial penyerahan secara simbolik hewan Qurban digelar di Aula Bhayangkara.

Kapolres Seram Bagian Barat, AKBP Bayu Tarida Butar Butar  menagwali amanatnya mengajak seluruh personil dan masyarakat kabupaten SBB umumnya untuk selalui memberikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maham Esa.

Di Kesempatan pagi ini marilah Kita menyampaikan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya hari ini Kita dipertemukan kembali untuk melaksanakan suatu peristiwa sejarah yang tidak dapat dipungkiri oleh semua Umat Islam di penjuru dunia yakni hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban,” Perwira Polri tersebut.

Butar-Butar  menyatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan  Qurban ini bukan sekedar perayaan seremonial yang bersifat euforia, tetapi perayaan ini akan menjadi sungguh berarti kalau makna dari Idhul Adha ini didalami, diresapi dan selanjutnya dihidupi oleh semua orang.

“Karena dengan demikian pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban ini akan menjadikan setiap insan yang melaksanakan akan lahir secara baru dan menjadi semakin mencintai sesama dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Perintah berqurban lanjut Butar-Butar, merupakan kisah sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihisalam kepada putra semata wayangnya Nabi Ismail Alaihisalam dimana Nabi Ibrahim Alaihisalam mendapat Wahyu dari Allah SWT untuk menyembelih Putranya Ismail sebagaimana dilukiskan dalam Al-Quran surat Assaffat ayat 102.

“Dari peristiwa ini dapat memberi pelajaran bagi Kita, bahwa Kita wajib berkorban untuk membersihkan jiwa Kita dari sifat yang tidak terpuji dan pengorbanan Kita hanya semata-mata karena Allah SWT bukan karena Kita riya riya akan pujian,” tegasnya.

Idul Adha  dalam jajaran Polres Seram Barat mengusung tema Idul Adha Menanamkan  Nilai nilai  Pengorbanan dan Keiklasan  Pengabdian  insan  Bhayangkara  yang  Bertaqwa  dalam keadaan  Sehat Wal-Afiat.

Penyerahan hewan Qurban secara simbolik dari Kapolres dilakukan dan deterima penyembelih Hi. La  Ali.

Jumah hewan Qurban di Polres Seram Barat Barat 8 ekor dengan rincian, Sapi 2 ekor dan kambing 4 ekor.

Sementara  Penyerahan daging kurban secara simbolis juga oleh Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar ,S IK dan Ketua Bhayangkari Cabang SBB Ny. Chi Chi  Bayu Tarida Butar Butar  kepada perwakilan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama Kab. SBB Abdul  Gani  Wael ,S.Ag, Tokoh Agama Hi. La Alli Wakapolres SBB Kompol  Akmil  Djapa ,S.Ag, Para Kabag Kasat dan Perwira Staf Polres SBB, Ketua Bhayangkari Cabang SBB Ny. Chi Chi  Bayu Tarida Butar Butar , Wakil Ketua Bhayangkari Cabang SBB Ny. Deli  Akmil , Pengurus Bhayangkari Cabang SBB dan Personil Polres SBB yang beragama Islam.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *