Pelantikan Gubern-Wakil Gubernur Maluku Hingga Usai Pemilu

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS- Pelantikan Gubernur- Wakil Gubernur Maluku terpilih, periode 2019-2024, Murad Ismail dan Barnabas Orno ditunda. Sebagimana rencananya awal, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan melantik kedua pemimpin baru provinsi Maluku itu di Istana Presiden RI di Jakarta pada hari ini, (11/3/2019) namun diundur hingga 13 Maret mendatang.

Sebagaimana informasi tim media ini di Jakarta menyebutkan, pelantikan tanggal 11 Maret ditunda. Rencananya Murad Ismail dan Barnabas Orno baru akan dilantik di Istana Presiden tanggal 17 April 2019 mendatang usai Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebagaimana diketahui bersama, masa bakti Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2014-2019, Said Assagaff dan Zeth Sahuburua telah berakhir pada 10 Maret 2019.

Dengan tertundanya pelantikan maka sehingga secara otomatis Sekertaris Daerah (Sekda) yang akan menjalankan roda pemerintahan hingga ada kebijakan lanjut dari pemerintah pusat.

Belum diketahui pasti alasan penundaan tersebut. Namun dapat dipastikan, penundaan tersebut karena usulan persiden ke Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Pasangan itu sendiri (Murad Ismail dan Barnabas Orno) diusung oleh koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP dan memenangkan kursi sebagai Gubernur dan wakil Gubernur terpilih dengan memperoleh 328.982 suara.

Sedangkan pasangan Said Assagaff-Zeth Sahuburua memperoleh 251.036 suara. Adapun pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath meraih 225.636 suara. *** TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *