Pelantikan dan Raker Bersama Sejumlah Prodi di STIKIP Ita Wotu Nusa

Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melalui sejumlah program studi menggelar Rapat kerja dan pelantikan bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Sejumlah prodi yang terlibat dalam giat tersebut diantaranya, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Pelantikan pengurus periode 2019/2020 serta rapat kerja gabungan Prodi tersebut mengusung tema “Optimalisasi peran himpunan mahasiswa program studi dalam menciptakan mahasiswa aktifis dan akademik.

Kegiatan rapat kerja dan pelantikan himpunan mahasiswa program studi tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 14 Juli 2019 bertempat di ruang STKIP ita Wotu Nusa. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzulkifli Retob, Ketua III Bidang Kemahasiswaan Muhammad Rizal Toyo, Ketua Koordinator Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Muh. Ali Kilbaren, Ketua Koordinator Program Studi PGSD Kasim Ibrahim, Kepala Pangkalan Data Dikti STKIP Ita Wotu Nusa Isnawi Derlauw serta delegasi setiap kelas dan setiap prodi.

Ketua STKIP Ita Wotu Nusa yang diwakili Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzulkifli Retob, saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya, memberikan arahan dan motivasi bagi seluruh pengurus HMPS periode 2019/2020 untuk bisa lebih baik dibanding dengan HPMS periode sebelumnya.

Dikatakanya, Perlu disampaikan kepada Himpunan Mahasiswa STKIP Ita Wotu Nusa sehingga dalam perjalanan kepengurusan pada periode ini minimal mendapatkan kesan yang baik yakin sugguh bahwa wajah-wajah baru orang baru dengan ide-ide baru maka akan membawa berkah yang baru juga untuk STKIP Ita Wotu Nusa, beberapa hal penting yang perlu disampaikan dan di ketahui terutama terkait program kerja yang diharapkan adalah program kerja nyata.

“Yang dapat dilakukan dan dapat diwujudkan oleh mahasiswa yaitu program kerja yang merupakan bagian dari amanah yang sudah diputuskan bersama sehingga program kerja ini akan di eksekusi dan dilakukan bersama,” pungkasnya.

Ditambahkanya, Jadi buatlah program yang memang dapat dilaksanakan program yang luar biasa, dan saya berharap bukan saya program kerja tapi buatlah hal yang dapat di eksekusi oleh kalian semua dan buatlah kajian-kajian ilmiah di Kampus ini,” kata Retob saat memberikan sambutan.

Mahasiswa atau dibawah organisasi HPMS bukan mengurusi proses akademik, tapi mahasiswa juga memiliki fungsi kontrol untuk melihat hal-hal yang terkait dengan kampus ini.

Sementara itu Bidang Kemahasiswaan STKIP Ita Wotu Nusa Muhammad Rizal Toyo disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan, kerjasama tim sangat diperlukan dalam berorganisasi. HMPS periode 2019/2020 di tiga program studi yakni Pendidikan Bahasa, Pendidikan Biologi dan PGSD harus bisa menjadi organisasi yang inovatif dan kompetitif sehingga menjadi contoh bagi organisasi-organisasi lainnya.

Kata Rizal Toyo, Perlu di sampaikan bahwa perjalanan mulai dari pemelihan sampai pelantikan ini menunjukan konsistensi dari mahasiswa untuk benar-benar segera belajar berorganisasi di internal kampus karena di inginkan adanya budaya Kampus yang benar-benar hidup di Kampus ini.

Diharapkanya, Mereka yang dilantik harus mampu belajar menjadi pemimpin yaitu mengetahui tugas dan tanggung jawab agar Kampus ini maju begitu juga mahasiswa yang berusaha kegiatan apapun yang berhasil membawa nama baik Kampus STKIP Ita Wotu Nusa dan khususnya masyarakat Kabupaten SBT.

“Saranya para mahasiswa harus belajar menjadi pemimoin kemudian harus belajar melaksanakan tugas dan tanggung jawab, agar mereka menjadi penerus bangsa kedepanya,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksanaan Kegiatan HMPS Ali Rumadan, Untuk kegiatan pelantikan ini dari semua program studi baik Program Studi PGSD, Pendidikan Biologi, dan Program studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk mahasiswa yang di percaya dan dilantik pada hari ini bisa merealisasikan apa yang sudah tertera di dalam visi dan misi sebagaimana membawa Kampus sekaligus HMPS kearah perubahhan.

“Intinya merealisasikan apa yang tertera di dalam visi maupun misi, Saya juga berharap agar program kerja dari berbagai Prodi itu di kerjakan sesuai dengan topoksi mereka dan kedepanya bisa melihat Kampus STKIP Ita Wotu Nusa lebih baik lagi, terutama lingkungan Kampus yang menjadi kendala kami sekalian,” kata Rumadan.

Dikatanya, Walaupun kurangya partisipasi mahasiswa untuk hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut namun kegiatan tersebut berjalan dengan baik tanpa suatu halangan apapun.

“Untuk kendala dalam kegiatan pelantikan ini, kurangnya partisipasi sekaligus kedisiplinan mereka untuk mensuport jalanya kegiatan, karena sesuai dengan struktur yang sudah diberikan dari masing-masing Prodi 20 orang untuk 1 struktur namun sekarang yang hadir hanya beberapa persen saja,” ungkap Rumadan.

Tambah Dia, Ini menjadi pengalaman dan harapan semoga kedepanya tidak terulang kembali untuk semua teman mahasiswa mohon partisipasi dan sekaligus berperan aktif dalam kampus supaya dapat membawa ide dan gagasan-gagasan yang baik nantinya,” kata Rumadan penuh harap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *