Mangente TBM Rumah Inspirasi, Sangaji Komitmen Kas Bae Pendidikan SBB Ditengah Pandemi Covid19

Kabar Daerah News Pendidikan

Komitmen Kas Bae SBB Ditengah Pandemi Covid19, Kadis Pendidikan SBB Mangente Taman Baca Negeri Iha

KABARTERKINI.NEWS– KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Dr. Masudin Sangaji melakukan silaturhami bersama pengurus Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan negeri Iha-Kulur, Sabtu (09/05).

Lawatan Sangaji dirangkai dengan penyerahan bantuan buku bacaan, buka puasa bersama sekaligus diskusi lepas bersama para kepala sekolah dan pengurus TBM.

Direktur Rumah Inspirasi, Muhammad Fahrul Kaisuku mengakui, silaturahmi orang nomor satu dilingkup dinas pendidikan SBB tersebut guna mempererat hubungan komunikasi antar TBM yang nota benenya ada ditengah-tengah masyarakat.

“Kehadiran kadis di TBM ini kami apresiasi. Ditengah mewabahnya Covid-19 dan kondisi pendidikan di SBB kemudian menjadi semangat beliau melakukan silaturahmi,” akui Kaisuku.

Dalam kunjungan Kadis ke TBM Rumah Inspirasi, Kaisuku mengakui, banyak hal yang dibicarakan. Termasuk didalamnya membicarakan sejumlah persoalan pendidikan formal yang ada di negeri berteong Ama Iha-Ulupia tersebut.

“Kami prioritaskan kepala sekolah dan tokoh pendidikan  yang ada di negeri untuk ikut berdiskusi dengan beliau. Nyatanya, kepala dinas menerima banyak keluhan. Kami berkomitmen untuk mengawal pendidikan SBB terutama di negeri kita dengan memposisikan diri sebagai anak negeri yang peduli,” tegas Kaisuku.

Ditanyai perihal harapan TBM Rumah Inspirasi kedepan, Kaisuku meminta dukungan Kepala Dinas untuk mengetuk pintu sekolah formal. Dalam arti, sekolah-sekolah dapat memanfaatkan TBM diluar jam sekolah. Apalagi saat pendemi ini, anak anak di rumahkan. TBM bisa jadi solusi menjaga kehangatan akademik.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Masudin Sangaji memberikan apresiasi kepada pengurus TBM Rumah Inspirasi atas agenda tersebut.

“Tugas kita adalah memastikan anak anak kita tetap belajar meski dari rumah. Taman baca ini bisa jadi solusi. Ini luar biasa membantu,” akui Sangaji.

Sangaji menjelaskan, upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat salah satunya adalah dengan pendirian Taman Bacaan Masyarakat.

TBM Rumah Inspirasi bisa jadi percontohan. Harapannnya ada kreatifitas anak muda yang mendukung  pemerintah seperti Taman Bacaan Masyarakat ini.

“Saya melihat para pendirinya adalah generasi muda yang enerjik dan kreatif. Adanya keberadaan mereka dengan ide TBM adalah salah satu media selain perpustakaan untuk mengembangkan pendidikan di SBB. Ini patut diapresiasi,” tegasnya.

Lanjut dijelaskan, dalam keberadaan TBM berfungsi untuk Meningkatkan minat baca terutama anak didik. Selain itu emperkaya pengalaman belajar anak-anak dan menumbuhkan kegiatan belajar mandiri.

“TBM memperluas wawasan anak didik kita terlebih kepada masyarakat. Ini tempat belajar sepanjang hayat saya pikir,” paparnya.

Dirinya berharap, sekolah-sekolah di negeri Iha Kulur dapat berpartisipasi mendorong anak didiknya masing-masing untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan anak muda kreatif di Iha Kulur.

“Ini akan menjadi komitmen bersama katong Kas Bae SBB dari sektor pendidikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam silaturahmi sekaligus buka puasa bersama diantaranya, Pj Negeri Kulur Salihin Samal, Sekretaris Negeri Kulur Im Samal, Sekretaris Negeri Iha, Hasan Kaisupy, Babinsa Negeri Iha Kulur Serma Dulhamid Putuhena, Bahbinkamtibmas Brigpol Maulana Lattupono dan para kepala sekolah di Negeri Iha dan Kulur.** rul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.