Kadin Maluku Gelar Musprov VIII dan Pelantikan Pengurus Kadin Maluku 2019-2024

Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS – Musyawarah Provinsi VIII (MUPROV) Kadin Provinsi Maluku Forum Bisnis dan investasi dalam rangka Optimalisasi peran Kadin sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong akselerasi pembangunan daerah.

Kegiatan tersebut berlangaung di Hotel Santika Jln. Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Maluku, Jumat (25/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, Ketua Umum Kadin Pusat Rosan Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie, Pemilik Rumah Sakit (RS) Siloam, James Riyadi, Ahli bidang Sosial Budaya, Kol Inf Tyas Kushardi, Danlanud Kol Penerbang Sapuan S.sos Mm, Wakajati Provinsi Maluku Elys Agoes SH.MH, Asren Lantamal IX Ambon, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Maluku, Anggota Kadin Provinsi Maluku, Ketua dan Pengurusan Kadin Kabupaten/Kota dan Tamu Undangan lainnya.

Ketua Carateker Kadin Maluku, Ali Said mengatakan Kadin menjadi tonggak antara birokrasi dengan pengusaha wiraswasta dan sampai saat ini pihaknya telah melakukan rangkaian acara sebagai pelaksanaan dari persyaratan Musprov.

“Kami ucapkan terima kasih juga bahwa dengan waktu 2 minggu pada 8 kabupaten kota bisa melaksanakan musyawarah dan kita bisa tampilkan pada daerah-daerah kepulauan,” kata Said.

Dirinya mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rangkaian seri pada acara pelaksanaan pertama yaitu pelantikan Kadin kabupaten kota dari 8 kabupaten dan pihaknya sudah melantik dan dilanjutkan sampai kemarin. Pihaknya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan sosial kepada korban daripada gempa dan bencana yang ada di Maluku dan dibantu juga oleh Gubernur Maluku.

Tidak hanya itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roesiani menjelaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan Musyawarah Provinsi Untuk memilih pengurus Kadin Provinsi Maluku yang di himpun lewat Musyawarah yang sudah dilaksanakan.

“Kami Mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Maluku yang telah membantu Kadin di Maluku sehingga bisa melaksanakan musyawarah ini dan menghasilkan para ketua umum dan Para pengurus Kadin provinsi maluku,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini perlu ada Sinergitas baik pemerintah pusat kepada daerah dengan Kadin adalah suatu hal yang mutlak yang kita perlukan.

Apabila pihaknya ingin mendapatkan pembangunan yang berkelanjutan dan kesinambungan sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 1 tahun 1987 adalah Mitra strategis pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan ekonomi, meningkatkan kesetaraan memberantas kemiskinan dan juga untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang lahir adalah kebijakan yang didukung penuh oleh usaha untuk menghasilkan optimalisasi dari pembangunan yang ada.

“Presiden dan para menteri mengharapkan bahwa hal ini akan mendorong pembangunan kita yang saat ini dinamikanya sedang tinggi dan banyak yang memperkirakan bahwa pertumbuhan di dunia ini akan berkontraksi akan menurun,sehingga harus berisi pertumbuhan dunia,” pungkasnya

Disampaikannya, dalam tahun ini pihaknya ketahui bahwa telah terjadi perang dagang antara Cina dengan Amerika yang tentunya akan mempunyai dampak juga kepada Indonesia karena dagang yang terbesar di Indonesia adalah kurang lebih 15 persen dari total perdagangan Indonesia itu dengan china dan Nomor 2 yaitu Indonesia dengan Amerika serikat.

“Kurang lebih 11 persen dari total perdagangan kita lemah dari pertumbuhan kedua negara itu akan berdampak kepada Indonesia.ada beberapa industri di Indonesia mengalami peningkatan dengan adanya perang dagang Karena sekarang barang-barang produk Indonesia menjadi lebih kompetitif,” ungkapnya.

Diyakijinya, bahwa pihaknya akan mendapatkan hasil optimal mendapatkan hasil yang lebih baik apabila kita saling bersinergi untuk memastikan pertumbuhan dari provinsi Maluku ini menjadi pertumbuhan dan kualitas berkesinambungan dan berkelanjutan.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan Kadin saat ini merupakan sarana yang tepat dan efektif untuk menyatukan langkah dan program di Provinsi Maluku kadin merupakan organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha di Indonesia khususnya Provinsi Maluku Indonesia dalam melaksanakan operasional berkaitan kegiatannya dan berpedoman pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

“Kadin Provinsi Maluku diharapkan secara terus-menerus melakukan sosialisasi organisasi dengan tujuan agar warga berusaha provinsi Maluku ini semakin aktif menjadi Mitra pemerintah provinsi dan kabupaten kota Maluku adalah dalam ekonomi yang harus diwujudkan oleh provinsi Maluku dengan sejumlah program kerja dalam membangun dan mempertahankan perekonomian,” jelas Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Gubernur menjelaskan kehidupan ekonomi dan dunia usaha Provinsi Maluku yang sehat berdasarkan pasal 33 undang-undang Dasar tahun 1945 di Provinsi Maluku juga diharapkan harus memiliki sistem informasi dan komunikasi yang tepat untuk mengkomunikasikan berbagai informasi ekonomi sehingga dapat menginspirasi berbagai kegiatan ekonomi dan pada akhirnya mampu menarik para penanam modal atau para pelaku usaha yang ingin berkarya dan mengembangkan usaha di Provinsi Maluku.

Musyawarah ini hendaknya dipahami sebagai upaya dalam rangka mewujudkan visi dan misi dan usaha penanaman modal dalam negeri maupun dalam modal asing ke Maluku dan untuk investasi.

“Kami siap melayani dan memberikan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak akan pernah menghambat untuk berinvestasi di negeri raja-raja ini sebagai gubernur saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan ketua umum Kadin pusat dalam mendorong pengusaha untuk berinvestasi di Maluku,” harap Gubernur.*** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *