16 Tahun Bukan Usia Muda, Saatnya SBB Berjaya

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– 16 tahun sudah kabupaten Seram Bagian Barat. Puncak merayakan hari jadi kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa itu tepat Selasa (07/01).

Menyambut hal tersebut, salah satu tokoh Maluku asal SBB, H. Hambra menyampaikan selamat kepada seluruh komponen masyarakat dan berharap bertambahnya usia, menjadi momentum untuk kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa ini terus berbenah, maju dan berjaya.

“16 tahun bukan lagi usia yang muda bagi sebuah Kabupaten hasil pemekaran. Artinya sudah waktunya SBB lebih berbenah lagi, maju dan berjaya, bersaing dengan daerah-daerah lain yang ada di Maluku, maupun di tanah air”, jelas Wakil Direktur PT. Pelindo II ini kepada wartawan tabaos.id

Menurutnya, ada sejumlah ‘pekerjaan rumah’ yang harus dibenahi dan dituntaskan, misalnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pengentasan kemiskinan, membuka lapangan pekerjaan, pembangunan Infrastruktur, hingga peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, agar permasalahan kesehatan seperti gizi buruk tidak lagi terjadi.

“Saya kira sudah waktunya pembangunan di SBB lebih diprioritaskan pada pendidikan, sehingga IPM lebih meningkat, dengan begitu daya saing generasi muda SBB akan lebih kompetitif, dan itu prasyarat utama untuk dapat mengelola potensi sumber daya alam di SBB” urai Hambra.

Dirinya juga berharap selain pemerintah daerah, semua elemen masyarakat di SBB, termasuk anak SBB di rantau harus turut bergerak dan ambil bagian dalam pembangunan daerah. Partisipasi masyarakat menjadi penting untuk kemajuan bersama, termasuk dalam konteks menjaga lingkungan hidup dari kerusakan yang lebih masif.

“Hutan dan laut di Maluku, khususnya di SBB, tidak saja perlu di kelola dengan optimal bagi kesejahteraan masyarakat, tapi wajib juga dilindungi dan memastikan aspek keberlanjutannya. Kita harus dapat mewariskan semua yang terbaik bagi generasi kedepan”, pungkas sosok yang dikenal humbel ini.*** CNI.ID | tabos.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *