Satu Lagi Tanda Mata Jokowi di Maluku, Dermaga Komando Armada III Diresmikan

Kabar Nasional News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS- Dermaga milik TNI Angkatan Laut diresmikan langsung menteri keungan Sri Mulyani Indarwati dan menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono, Rabu (09/01).

Dermaga yang letaknya di Tawiri kota Ambon tersebut akan dijadikan tempat strategis, dimana dapat mendukung kegiatan operasi – operasi KRI di wilayah timur Indonesia.

Terutama digunakan untuk fasilitas sandar bagi kapal-kapal perang milik TNI Angkatan Laut berukuran besar.

Kedua menteri didampingi langsung Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Kepala Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku, Ismail Usemahu dan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang.

Turut mendampingi, Danguspurla Koarmada III Laksma TNI P. Rahmat Wahyudi, Kabinda Prov. Maluku Brigjen (TNI) Khairully, Wakapolda Maluku Brigjend (Pol) Dr. Akhmad Wiyagus, Danlanud Pattimura, Irwasda Polda Maluku, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Mar Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, KS.Danguspurla, Asintel Danguspurla Koarmada III, Dandim 1504 Ambon Letkol INF Fendry Noviyanto.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati mengingatkan para pejabat di Maluku tidak menyalahgunakan anggaran pembangunan yang dikucurkan pemerintah pusat.

“Anggaran pembangunan yang dikucurkan pemerintah pusat harus dapat digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Maluku,” tegas Sri Mulyani.

Pantauan media ini, sesat sebelum dibunyikan serina panjang petanda Dermaga TNI AL Tawiri diresmikan, kedua menteri sempat berdiskusi panjang lebar dengan sejumlah pejabat yang hadir termasuk kontraktor pembangunan dermaga tersebut.

Sri Mulyani menelusuri proses dimulai hingga perampungan pembuatan dermaga.

“Beberapa bulan silam terjadi devisit keuangan negara. Apa berefek juga pada pelaksanaam proyek,” tanya Mulyani.

Mulyani mengakui dan mengapresiasi kontraktor dan PU karena pada massa keuangan negara dalam kondisi tegang namun dapat diantisipasi dengan cara penguncian kebutuhan pembangunan proyek dengan cepat serta tepat.

Sri Mulyani juga menyampaikan rencana pembangunan sejumlah proyek seperti waduk dan umbung di Maluku, pembangunan Universitas Pattimura dan Pembangunan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Menyampaikan kurang lebih tiga proyeksi Kementerian terhadap Maluku, Sri Mulyani kemudian berdiskusi dengan Kepala Balai Sungai wilayah Maluku dan Maluku Utara yang akan menangani sejumlah proyek pembangunan di Maluku.

Gubernur Maluku menambahkan bahwa setelah diresmikannya Dermaga Tawiri diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendukung operasi kapal perang TNI AL, selain itu juga sebagai sarana transportasi yang sangat penting untuk memperlancar proses perekonomian masyarakat di Maluku.

Selaku Komandan Lantamal IX mengucapkan terimakasih atas dibangunnya Dermaga Tawiri Ambon, karena melihat situasi Ambon untuk wilayah timur.

Dermaga ini merupakan tempat yang strategis, dimana dapat mendukung kegiatan operasi – operasi KRI di wilayah timur Indonesia. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *