PKM Mahsiswa Pastoral Konseling IAKN Ambon di Kariu Dapat Respon Positif Masyarakat

Indonesia Indah Kabar Daerah News Pendidikan

Warga Kariu Diberi Konseling Oleh Mahasiswa Pastoral IAKN Ambon

KABARTERKINI.NEWS,- Program studi Pastoral Konseling, Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Seperti biasanya, mahasiswa PKM itu didampingi pendamping dari unsur pengajar atau dosen.

PKM IAKN Ambon berlangsung selama 5 hari, terhitung dari tanggal 28 April – 2 Maret 2023 di Negeri Kariu, Kecamatan pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Pembukaannya langsung oleh Rektor IAKN Ambon, Prof, Dr. Yance Z. Rumahuru, M.A, dengan tema Psychological First Aid.

Menurut panitia, tema ini sengaja dipilih berdasarkan kondisional Masyarakat Negeri Kariu pasca konflik yang sebagian masih tinggal di dalam tenda di sekitar puing rumah mereka yang belum dibangun kembali.

Meski telah kembali dari pengungsian sejak bulan desember tahun 2022, masyarakat masih mengalami trauma dan membuat mereka belum dapat beraktivitas normal seperti sediakala karena dibatasi oleh akses keluar dari sekitar pemukiman baik itu ke kebun atau berkunjung ke negeri tetangga.

Berdasarkan kondisi tersebut, PKM kali ini menjagokan sejumlah kegiatan, baik outdoor maupun indoor, yang melibatkan ahli dari kejaksaan, tokoh gereja, pejabat negeri dan staf.

Kegiatan tersebut diantaranya, adalah; sosialisasi Psychologi First Aid dengan pendekatan Konseling Pastoral, pelatihan teknik PFA dengan pendekatan Psychososial bagi anak-anak di jemaat Kariu, pelatihan teknik Psychospiritual dengan pendekatan PFA bagi perangkat pelayan jemaat GPM Kariu.

Selain itu diikuti dengan tiga pemateri yang lain, sebagaimana berikut:

Pertama, Peran gereja dalam perdamaian oleh ketua kelas pulau-pulau Lease ( Bpk Jhon Male, S.si ) ,

Kedua, Penggunaan dana Desa oleh kejaksaan negeri cabang Saparua ( Bpk Patrick Soumokil ) ,

Ketiga, Upaya-upaya membangun perdamaian oleh Rektor IAKN Ambon ( Prof, Dr. Y. Z Rumahuru, MA ) serta melakukan kerjabakti bersama dengan aparat keamanan dan masyarakat negeri Kariu.

Sejumlah kegiatan tersebut mendapat respon positif dari warga jemaat Negeri Kariu.

Hal ini ditunjukkan melalui antusiasme mereka mengikuti setiap kegiatan.

Dalam sosialisasi dengan Rektor IAKN Ambon, masyarakat setempat menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.*** TASYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *