HIPPMK Bersama Camat Kilmury Gelar Kegiatan Rawat Budaya Lokal

Kabar Daerah

KABARTERKINI.NEWS – Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kecamatan Kilmury (HIPPMK) dalam rangkah menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74, dapat membangun kerja sama dengan camat Kilmury Gafar Rumanama, dan Jajaran pejabat serta kepala desa definitif di lokasi setempat untuk  menggelar kegiatan merawat budaya-budaya lokal yang diwariskan leluhur negeri.

Ketua umum HIPPMK Akbar Kamarey mengatakan, kegiatan yang akan diselenggarakan pada besok 17 Agustus 2019 itu, usai upacara pengibaran benderah merah putih. “jadi setelah HIPPMK bersama jajaran pemerintah di Kecamatan Kilmury ini selesai upacara pengibaran bendera, baru kami akan melanjutkan dengan kegiatan merawat budaya-budaya tersebut” ucap Kamarey, dari Kilmury melalui via telpon pada Jumat, (16/08/19).

Kegiatan tersebut Selain sebagai merawat nilai-nilai budaya warisan leluhur. Kamarey menambahkan, dimaksudkan untuk selalu terjaga keutuhan hubungan silaturahmi masyarakat di Kecamatan kilmury. “kita juga harus merawat hubungan silaturahmi antara masyarakat  Kecamatan Kilmury mulai dari Desa Mising sampai Desa Sumbawa” tutur orang number one HIPPMK tersebut.

Selain itu, J Kwaikamtelat mengatakan, kegiatan serupa harus ditingkatkan. Sebab menurutnya, kegiatan tersebut mempunyai nilai positif terhadapat seluruh masyarakat di bumi wanu sia. “saya berharapat setelah kegiatan, dapat memberikan nilai positif terhadap betapa pentingnya merawat budaya. Terutama budaya bahasa daerah” ungkap Kwaikamtelat yang kerap disapa kosong satu Kilmury itu di Bula.

Salah satu tokoh Save Kilmury ini mengharapkan. Masyarakat seharusnya mempunyai kesadaran penting dalam merawat semua warisan leluhur. “karena itu adalah identitas diri yang bisa membedakan masyarakat kilmury dengan masyarak kecamatan lain yang ada di SBT” tutur aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu.

Abdul Gafar Rumanama, yang merupakan camat di Kecamatan Kilmury ini mengungkapkan, kegiatan yang akan digelar diantaranya “pembacaan puisi menggunakan bahasa daerah, tarian hadarat, wosa-wosa belang (lomba dayung perahu belang), dan beberapa lomba budaya lokal lainya” tutur kepalah pemerintah tertinggi di kecamatan Kilmury tersebut.

Dirinya mengharapkan, hubungan kerja sama ini selalu terjaga. Agar kedepanya bisa menciptakan hubungan yang harmonis. “baik hubungan antara pemerinta desa dengan pemuda HIPPMK dan hubungan masyarakat kami” ucap pria yang berlatar belakan pendidkan sarjana teknik tersebut. ** Sof | Editor: Baim Rumadaul

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *