Polres Ambon Raih Predikat Tatakelola Keuangan Terbaik di Maluku

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Kepolisian Resor (Polres) Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ditetapkan sebagai satuan kerja (satker) yang mengelola keuangan negara terbaik di Provinsi Maluku.

Atas prestasi tersebut, Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DPJb) Provinsi Maluku memberikan penghargaan dan diterima langsung oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), AKBP Sutrisno Hady Santoso.

Penghargaan diterima dalam kegiatan Rakor Daerah Pelaksanaan Anggaran Semester I di Kantor DPJb Maluku, Kota Ambon, Rabu (24/7/2019).

Polres Ambon dinilai terbaik mengelola anggaran negara dengan Pagu di atas Rp75 miliar pada semester I tahun anggaran 2019.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada BPJb atas penghargaan yang diberikan kepada kami selaku Satker terbaik dengan kategori Pagu di atas Rp75 miliar,” kata Kapolres Ambon AKBP Sutrisno saat menerima penghargaan tersebut.

Santoso mengaku, sejak menjabat Kapolres Ambon pada Desember 2017, perencanaan kebutuhan tahun 2018 sudah lewat. Mau tidak mau, dirinya harus menjalankan DIPA yang ada dan tidak bisa diambil lagi.

“Disitu saya tanyakan ke bendahara kami berapa Up tiap bulan yang diajukan. Lalu disampaikan sebesar Rp500 juta,” ungkapnya.

Anggaran sebesar itu, lanjut Sutrisno, dianggap tidak akan cukup untuk meng-cover seluruh kegiatan Polres Ambon. Sehingga dirinya kemudian menulis surat kepada Bapak Sudarmanto selaku kepala yang lama. 

“Pak Sudarmanto sempat meragukan, karena yang kami ajukan waktu itu satu miliar rupiah lebih,” terangnya.

Keraguan Sudarmanto saat itu terkait apakah Polres Ambon bisa menyelesaikan anggaran tersebut dalam 1 bulan. Sebab, jika tidak bisa di pertanggungjawabkan, maka anggaran akan kembali diturunkan sebesar Rp. 500 juta.

Menjawab keraguan itu, Kapolres mengaku optimis mampu mempertanggungjawabkan anggaran milik negara tersebut. Sehingga hal itu dibuktikan saat berakhirnya anggaran tahun 2018 lalu.

“Ini karena pengelolaan yang kami lakukan terbuka sehingga 2018 kami juga mendapatkan penghargaan Kategori ke empat. Jadi penyerapan anggaran itu kita bisa monitor di aplikasi opstan di HP Android,” tandasnya.

Untuk diketahui, penghargaan serupa juga diterima Rindam XVI/Pattimura dan Balai Pelaksana Jalan Nasional XII Maluku-Maluku Utara. 2 satker ini menempati posisi kedua dan ketiga.*** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *