Kepala BP2JK Maluku Diduga Intervensi Proyek Miliaran Rupiah

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– KEPALA Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Maluku Sofian S.T., M.M., M.T diduga melakukan intervensi terhadap sejumlah tender proyek dengan nilai ratusan miliyar rupiah.

Bocoran keterlibatan orang nomor satu di BP2JK wilayah itu disampaikan sumber yang enggan namanya ditulis.

“Jadi ada semacam praktek Kolusi yang dilakukan oleh Sofian terkait dengan paket proyek yang dilelangkan oleh BP2JK. Bagaimana tidak dari Proyek Kecil hingga besar semuanya melibatkan saudara dari Sofian. Hal ini berdasarkan hasil penulusuran kami terkait dengan beberapa proyek yang dilelangkan oleh BP2JK,” ungkap sumber.

Pihaknya juga membeberkan sering ada intervensi terkait dengan tender proyek yang ditangani Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Kontruksi.

“Saya ambil satu masalah terkait proyek air bersih ada Perusahaan yang berasal dari Kalimantan hingga Sulawesi terindikasi dalam tender tersebut adalah Kroninya padahal nilainya hanya dikisaran 1-2 Miliar yang diduga paket-paket tersebut akan dimenangkan oleh Kroni-kroni dari Kepala BP2JK Maluku. Sering juga ada intervensi terkait dengan pemenang tender pada proyek yang ada,” rincinya.

Senada dengan sumber, hal ini dikuatkan dengan Ketua DPW KPK Tipikor Provinsi Maluku Junus Tipka memberikan komentar terkait praktek KKN yang diduga dilakukan oleh Sofian Selaku Kepala BP2JK Provinsi Maluku.

”Terkesan ada praktek KKN dalam penanganan tender yang dilakukan oleh Kepala BP2JK Maluku , hal ini tentu sangat merugikan para pengusaha Lokal Maluku “ tegasnya.

Junus juga mencium hampir sebagian besar tender yang dilakukan oleh BP2JK melibatkan sudara dari Sofian selaku Kepala Balai.

“Bukan hanya KKN saja tapi Sofian terkesan memonopoli beberapa proyek yang telah saya ketahui , contoh nya seperti proyek ADB yang baru mau dilelangkan lokasi Kelurahan renjani Kota Ambon ada informasi bahwa adik kandung dari Sofian akan ikut serta dalam pelelangan proyek tersebut dan tidak menutup kemungkinan paket tersebut akan dimenangkan oleh saudara dari adik kandung Sofian selaku Kepala BP2JK dan ini merupakan KKN terbesar oleh Pak Sofian selaku Kepala BP2JK Provinsi Maluku,” pungkasnya.*** Rul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *