365 JCH Ambon Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap II di Emberkasi Makasar

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS– Sebelum diberangkatkan menuju Arab Saudi, Selasa 16 Juli besok, Rombongan Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Ambon mengikuti proses pemeriksaan kesehatan tahap II di ruang Polteknik Mustasyfa Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar, Senin (15/7).

CJH Kota Ambon yang berjumlah 365 orang sebelumnya telah melewati perjalanan selama 1 jam lebih dari Ambon ke Makassar.

Ratusan JCH dalam kloter tersebut akan mengikuti proses penerimaan oleh PPIH Embarkasi Makassar. Belum sempat istirahat, para jamaah harus mengikuti pemeriksaan kesehatan secara bergilir.

Meski dalam keadaan lelah, CJH tetap melewati tahapan-tahapan tersebut.

Informasi yang dirili Inmas Kemenag Maluku menuturkan keterangan salah satu tim medis Embarkasi Makassar saat melakukan pendampingan dalam pemeriksaan kesehatan.

Dikatakan bahwa proses tersebut sudah tepat. Dinilainya, setelah melakukan seluruh rangkaian tersebut, para CJH sudah bisa istirahat dengan maksimal.

“Itu sudah SOP dari PPIH Embarkasi untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum istirahat. Tapi setelah itu, jamaah sudah bisa istirahat secara maksimal tanpa diganggu dengan kegiatan lainnya. Yang penting jemaahnya disiplin, memang letih, tapi bisalah istirahat dengan maksimal selama kurang lebih 10 jam,” tegasnya.

Menurut pantauan media ini, jadwal take off pesawat Lion Air yang mengangkut para jamaah ini cukup singkat, yakni 1 jam lebih jam.

Untuk diketahui, JCH kota Ambon msuk dalam Kloter 13 provinsi Maluku. Mereka akan berangkat menuju Madinah Selasa besok  melalui Aula Pemberangkatan Mina Asrama Haji Sudiang Makassar.

Selain Kota Ambon, tergabung didalam kloter ini juga Kabupaten Aru, Maluku Barat Daya dan Maluku Tenggara Barat.

Jumlah total JCH pada Kloter ini sebanyak 455 termasuk didalamnya dua JCH dari kabupaten Buru dan ditambah dengan 5 petugas. Mereka akan diterbangkan secara bergilir dari Asrama Haji Embarkasi Sudiang Makassar.

Sebelumnya 355 CJH tergabung dalam kloter 12 telah diberangkat lebih awal, Senin 15 Juli 2019 dini hari. Masing2 CJH terdiri daro 189 jamaah Kabupaten Maluku Tengah, 118 orang jamaah Kabupaten Buru dam ditambah CJH Buru Selatan sebanyak 48 jamaah.

Untuk diketahui, selain menjalani pemeriksaan kesehatan, para jemaah juga menerima bantuan subsidi dari Pemerintah Kota Ambon. Subsidi diberikan kepada masing-masing jemaah sebesar satu juta rupiah.**ZAM | TIM CNI.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.