Kedepankan Tugas Pokok, Satuan Binmas Polres MBD Ajak Komunitas Karate Jaga Kamtibmas

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Satuan Binmas Polres MBD Sosialisasikan Kamtibmas Kepada Warga Komunitas Pencak Silat bertempat di Kecamatan Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya pada Selasa pagi (23/07/2024).

Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku penyelenggara kamtibmas selalu mengedepankan tugas pokok sebagai pembina masyarakat, melakukan deteksi dini, melakukan sosialisasi maupun mediasi penyelesaikan permasalahan agar dapat tercipta stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Selaku aparat Kepolisian dalam melaksanakan tugasnya secara berkesinambungan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan himbauan kamtibmas serta bersosialisasi dengan masyarakat guna mewujudkan tingkat pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih baik dari masyarakat itu sendiri.

Terkait dengan pelaksanaan tugas Kepolisian, kali ini Kasat Binmas Polres MBD Iptu Efraim J. E. Rangkoly, S.Sos dengan didampingi anggotanya Brigpol M. Hairtaheuw sekitar pukul 09.00 Wit mensosialisasikan Kmtibmas kepada warga Komunitas Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai Tiakur

“Dalam pertemuan tersebut Kasat Binmas melakukan Sosialisasi tentang Kamtibmas yang memilikki makna sebagai suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan atau hambatan yang mencerminkan suatu keadaan tertentu dimana segala aktifitas masyarakat dapat berfungsi dan berperan sesuaiketentuan yang ada,”tandasnya

“Kasat Binmas dalam sosialisasinya meminta kepada para komunitas pencak silat selain mengembangkan diri dalam seni bela diri, diharapkan juga untuk menciptakan kerukunan sesama warga baik dilingkungan tempat tinggal maupun dalam lingkungan organisasi tepat berlatih.

Pada tempat berbeda Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. saat dikonfirmasi mengatakan, Kegiatan Sosialisasi oleh Polri terhadap masyarakat sekolah adalah merupakan tindakan preemtif atau peringatan dini kepada warga mengantisipasi adanya bahaya yang ditimbulkan apabila melakukan pelanggaran hukum baik dilingkungan masyarakat maupun antar sesama anggota organisasi pencak silat.

“Kamtibmas merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat dan pemerintah termasuk didalamnya Polri sebagai aparat penegak hukum, dalam pelaksanaannya Polri melakukan langkah strategis berupa sosialisasi, pembinaan dengan mengedepankan aspek preemtif dan preventif sebagai upaya membawa masyarakat menuju kekeadaan yang lebih baik,“ Ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, Situasi kamtibmas yang kondusif sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat untuk dapat diwujudkan, dengan adanya kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat dapat mewujudkan kondusifitas kamtibmas dengan terciptanya perasaan damai dan tenteram sehingga masyarakat termotivasi dalam bekerja karena tidak ada rasa takut akan gangguan yang menimpanya.

“untuk menjaga dan merawat stabilitas kamtibmas demi terciptanya produktifitas masyarakat di Kabupaten MBD ini, Polri sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari TNI dan ASN serta semua elemen masyarakat, hal ini mutlak diperlukan, sebab tanpa dukungan dan sinergitas yang baik diantara kita semua, sangatlah mustahil untuk mencapai kondisi 4 kamtibmas yang aman, nyaman, damai dan harmonis, seperti yang kita idamkan.“ tutup Kapolres.*** TASYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *