Wabup Aru Buka Forum Sosialisasi Ginbest

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Wakil Bupati Kabupaten kepulauan Aru Muin Sogalrey membuka kegiatan Forum Soaialisasi Ginbest bertempat di Hotel Gren Aru Kamis (12 /09).

Sambutan Bupati Aru dr johan Gonga Yang di bacakan Wabup Aru Muin Sogalrey menjelaskan Bahwa Kegiatan forum Sosialisasi Ginbest yang dilaksanakan Saat ini pada Hakekatnya  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan peran masyarakat tentang pentingnya perilaku bersih dan sehat sebagai usaha penurunan prevalensi Stuntin.

Stunting adalah kondisi dimana terjadi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan Gizi yang lama , sehingga anak menjadi lebih pendek dari Anak yang Normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Anak yang menderita maupun yang berpotensi Stunting perlu mendapat penahanan serius sejak dini, Jika tidak anak akan mengalami penurunan tingkat kecerdasan dan rentan terhadap penyakit.

Hal ini akan merembes ke menurunya tingkat Produtivitas jika hal ini terus di biarkan tentu akan berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia di daerah dan minimnya penghasilan serta perputaran Ekonomi.

Stunting ini timbul karena adanya unsur ketidaktahuan orang tua dalam memberikan kebutuhan Gizi sesuai dengan Asupan makanan Anak. Peran orang tua atau keluarga yang merupakan ujung tombak pengasuhan Anak. Keluarga memiliki peran penting dalam menurunkan angka Stunting.

Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang marak terjadi di Indonesia meliputi juga di Kabupaten Kepulauan Aru. Upaya dalam menurunkan prevalansi Stunting merupakan tantangan yang harus di hadapi tidak hanya untuk pemerintah Daerah dan Pusat l, Namun juga seluruh lapisan Masyarakat.

Dirinya menghimbau kepada seluruh orang Tua agar dapat memperhatikan tumbuh kembang anak terutama di masa 1000 (seribu) hari pertama kehidupan, Dengan dibadakanya forum sosialisasi ini akan mencegah hal tersebut, masyarakat kabupaten kepulauan Aru harus Sehat, cerdas dan kreatif sehingga bisa bersama- Sama bersatu membangun kabupaten kepulauan Aru yang berubah, maju dan sejahtera.

Melalui kegiatan forum sosialisasi Genbest ini di harapkan para peserta dapat memahami arti dan peran pentingnya perilaku hidup Bersih dan sehat dalam upaya mencegah Stunting dan memberdayakan pencegahan Stunting.

Bupati juga mengharapkan peran dan tanggung jawab semua Pihak, Dinas kesehatan, Dinas pendidikan dan kebudayaan, Para camat dan tim penggerak PKK, Para pimpinan sekolah dan para kepala sekolah dan para kepala desa dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa terhindar dari Stunting.Begitu juga dengan wartawan dalam menulis Berita yang dapat memberikan Informasi edukasi yang baik bagi masyarakat.*** Janes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *