Tersisa 7 Nama Calon Anggota KPU Maluku, Tes Berlanjut Kesehatan Dan Wawancara

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS- Masuk babak baru proses seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku gelombang kedua. Tersisa 4 nama setelah mengikuti tes psikologi yang berlangsung hari Jumaat 1 Maret lalu. Tidak main-main, Tim Seleksi (Timsel) dalam proses psikotes tersebut, menghadirkan tim assesment psikologi dari Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Dari empat nama yang dinyatakan lolos, selanjutnya akan kembali diseleksi pada tahapan pemeriksaan kesehatan serta wawancara. Emapat yang dinytakan lolos ini akan bergabung dengan tiga calon yang sebelumnya sudah menepuh tahapan-tahapan tersebut.

Empat nama baru yang lolos diedarkan dalam surat pengumuman bernomor : 16/PU/81/Timsel-Prov/III/2019 tentang hasil tes Psikologi Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Maluku Periode 2019 – 2024.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Provinsi Maluku, Amir Kotarumalos dalam konferensi pers, Selasa (05/02) dia Manise Hotel Kota Ambon menyatakan, Timsel telah menetapkan Empat nama calon yang siap untuk mengikuti tahapan berikutnya.

“Empat nama tersebut masing-masing Abdul Khalil Tianotak, Hanafi Renwarin, Rommi Imelda Rumambi, dan juga Syamsul Rifan Kubangun,” sebut Kotarumaloas.

Sementara Sementara itu, Sekretaris Tim Seleksi, Reny Heronia Nendissa menambahkan, emapat nama yang disampaikan ketua Timsel berdasarkan hasil pemeriksaan tes psikologi calon anggota KPU Maluku periode 2019-2024 oleh tim assesment psikologi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya yang dituangkan dalam Surat Nomor : 880/UN3.9.1/TU/2019 tertanggal 4 Maret 2019, Perihal Laporan Hasil Tes Psikologi KPU Provinsi Maluku.

Dijelaskan, hasil yang didapat, pihaknya selanjutnya mebuat berita acara Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Maluku Nomor : 15/BA/81/Timsel-Prov/III/2019 tertanggal 4 Maret 2019 tentang penetapan hasil tes psikologi seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku Periode 2019-2024.

Jadi ada 7 calon anggota KPU yang akan ikut tahapan seleksi berikut, yakni empat nama yang baru ditetapkan lolos itu ditambah dengan tiga nama lainnya yang telah lolos pada seleksi sebelumnya.

“Ketiga nama yang telah menunggu sebelumnya itu yakni Almudatsir Zein Sangadji, La Alwi, dan juga Engilbertus Dumatubun. Tiga nama itu akan bersama-sama empat nama yang baru lolos itu akan ikut dalam tes kesehatan dan wawancara,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, pihaknya akan terus menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas, sebagaimana yang telah diberikan tanggungjawab untuk melaksanakan amanah demokrasi tersebut.

Ditempat yang sama, Anggota timsel KPU Maluku, Stevin Melay menambahkan, semua pentahapan memilih anggota KPU Provinsi Maluku merupakan bagian dari demokrasi yang suka maupun tidak suka tetap harus dilalui dalam menjawab tuntutan berdemokrasi.

Stevin menegaskan, Timsel sudah barang tentu menghindari hal-hal yang berbau nepotisme yang berujung rusaki tatanan tahapan demokrasi yang tengah berjalan. Terlebih kata dia, proses yang dilalui selama ini tak ada tendensi kepentingan apalagi ada intervensi dari pihak manapun.

“Perlu kami tegaskan kembali bahwa seleksi yang dilaksanakan saat ini tetap dalam asas netralitas dan juga menghindari hal-hal yang berbau nepotisme yang bisa merusak proses ini,” pungkasnya.*** Qiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *