SMKN 6 Ambon Lepas Peserta PKL

Kabar Daerah News Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Ambon melepas peserta Prakter Kerja Lapangan (PKL) Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kompetensi keahlian yaitu Akuntansi, Multimedia, Keperawatan Sosial, Asisten Keperawatan, Teknik Laboratorium, Ambon, Selasa (4/02).

Sejumlah 215 peserta PKL yang disebarkan di 29 institusi mitra yang bersedia dan membuka suasana belajar, membina dan menguji Peserta PKL SMKN Negeri 6 Ambon.

“Ada yang PKLnya di area Kota Ambon dan ada juga di tingkat Nasional yakni di luar kota. Ini merupakan suatu hal luar biasa  karena ada peserta PKL yang melaksanakan PKL di lear Kota,” jelas Kepela Sekolah SMKN 6 Ambon, Edo Luturmas dalam sambutannya, Selasa (4/02).

Disampaikannya, peserta PKL yang melangsungkan PKL di luar kota ada 45 orang, berbeda dengan tahun kemarin yang hanya 29 orang. Hal ini terlihat bahwa terjadi peningkatan pada peserta PKL tahun ajaran 2019/2020.

Tujuan dari program SMK yang satu ini agar, meningiatkan kompetensi keahlian peserta didik agar bersaing di dunia usaha nantinya, terkhususnya di era masyarakat.

“Dari 215 peserta PKL, yang mengikuti PKL di dalam area Kota Ambon yakni 170 orang,” pungkasnya.

Luturmas menuturkan, Program PKL mesti dikelola secara bersama antara sekolah dan masyarat yakni dengan sistim blok penuh (tdk sampai 6 bulan/penuh) dan semi blok (2-3 hari di institusi sekolah).

“Kami di SMKN 6 Ambon masih menggunakan sistem blok penuh,” jelasnya.

Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan sejumlah komprtensi yang dimiliki siswa sebagai generasi bangsa, yang mesti dipelihara secara baik.

“PKL yang berlangsung selama 3 bulan yakni dari 5 Februari-5 Mei 2020,” terangnya.

Luturmas mengharapkan, kembangkan etos kerja yang tinggi pada saat PKL. Serta topangan orang tua dan institusi mitra juga diperlukan dalam menopang peserta PKL kedepan.

“Kami juga berharap, para peserta bisa diuji oleh institusi mitra terkait Pengalaman PKL,” kata Luturmas.

Luturmas menuturkan, melui PKL ini, diharapkan mampu menjawab kebutuhan kerja dan di perguruan tinggi.*** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *