Safari Dakwah Irwasda Kepri Misi Makmurkan Masjid-Makmurkan Bangsa

Kabar Daerah Kabar Nasional News Polri dan TNI

Memakmurkan Masjid untuk kemakmuran bangsa. Selain untuk Sholat, Dzikir, berdoa, Masjid sebagaimana perjalannya, menjadi tempat berkhidmat, musywarah, tempat saling bertukar pikir para cendikia. Tentu ini dapat membentuk generasi bangsa yang religius dan berkpribadian kokoh untuk kemajuan dan perubahan yang sebenar-benarnya perubahan.***

KABARTERKINI.NEWS- Polisi Republik Indonesia (POLRI) bukan sebatas bertugas menjaga Kemanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masyarakat. POLRI bahkan lebih dari itu. Polri memberikan pelayanan dan jaminan atas hak perogeratif warga negara dalam menjalankan peribadatan. Terlebih, Polri mengajak masyarakat menjadikan tempat ibadah sebagai titik melangkah membangun kesolidan berbangsa dan bernegara. Memberikan motivasi rohani untuk mendukung pembangunan SDM di daerah melalui giat dakwah yang dikemas apik dan kreatif.

Hal ini tampak di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri). Melalui Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol. H. Purwo Lelono, di dampingi sejumlah perwira menengah di kota Batam menggelar safari dakwah di Masjid Al-Amin, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong,Kota Batam, Sabtu (2/3/2019).

Irwasda Kepri, ternyata sering menyampaikan ceramah di Masjid-Masjid dengan tema dan kemasan agenda yang berbeda-beda. Diantaranya, tajuban silaturahmi Polri dengan masyarakat, juga dilakukan giat gerakan subhu berjamaah. Sampai pada tinggkat safari dakwah yang baru digelar.

Dalam Safari Dakwah di Tanjung Buntung, Perwira Polri berpangkat tiga melati itu menekan pentingnya memakmurkan masjid. Safari yang juga diikuti Kapolsek Bengkong Iptu Erdinal, Kanit Intel Polsek Bengkong, Personil Poresta Barelang, Polsek Bengkong tersebut didahului dengan Sholat Magrin Berjamaah.

Paparan tausiahnya, Irwasda Kepri menyatakan, memakmurkan masjid bisa dilakukan dengan berbagai amalan syar’i (amalan yang sesuai dengan syariat) yang dilakukan di masjid. Dan tentu saja amalan itu sangat banyak dan beragam. Akan tetapi dari sekian banyak amalan itu, sholat berjamaah adalah amalan paling utama dan mudah dilakukan dalam rangka memakmurkan masjid.

“Memakmurkan Masjid bukan sebatas meramaikan masjid dalam Sholat berjamaah., Namun sebagai tempat untuk melakukan dakwah, menyampaikan kebaikan dan mengajak berdiskusi, dan tentu saling mengingatkan untuk tidak menjelek-jelekan sesama umat,” tegas Purwo.

Mantan Irwasda Polda Maluku itu mengingatkan, ketika kita mendapat musibah atau dirundung masalah, itu adalah merupakan ujian. Ujian Allah termasuk pangkat dan jabatan. Karena semua itu bersifat semu, alias hanya titipan Allah.

“Dalam kebahagiaan yang kita rasakan, kita harus bersyukur kepada Allah. Sukses pada manusia adalah bukan karena bayak hartanya namun banyak rasa bersyukurnya karena dengan rasa syukur kita dapat memenuhi kewajibannya untuk beribadah, kewajiban hidup berdampingan dalam keutuhan NKRI,” paparnya.

Dalam tausiyah untuk menjemput Sholat Isyha itu, Irwasda Kepri menegaskan, untuk mencapai dan mendorong terlaksananya sejumlah niatan baik pemerintah dalam bentuk program pemerintah, kita mesti memakmurkan masjid – masjid memakmurkan umat yang kemudian mendorong kemakmuran bangsa.

Syarat pertama memakmurkan Masjid adalah mereka yang beriman kepada Allah dan hari akhir atau hari kiamat. Keduanya merupakan dasar keyakinan dari agama Islam sehingga mereka yang ingin memakmurkan masjid haruslah mereka yang meyakini dua dasar ini.


Syarat selanjutnya mereka yang mendirikan shalat dan membayar zakat. Mereka yang ingin memakmurkan masjid bukan hanya harus mengurus ibadah mereka dengan Allah saja namun juga harus mampu menjalin hubungan dengan lingkunganya.

Terakhir mereka yang tidak takut kepada apa pun kecuali kepada Allah swt. Hati mereka penuh dengan cinta Allah dan yang ada dalam pikiran mereka adalah ketaatan dan kepatuhan kepada perintah serta larangan-Nya.

“Apabila kita ingin termasuk sebagai para pemakmur masjid maka kita harus berusaha dan mendidik diri kita agar bisa memenuhi syarat tersebut. Semoga Allah swt memberikan pertolongan kepada kita semua,” pungkas Purwo.***

Apresiasi Pengurus Masjid dan Tokoh Masyarakat

Mewakili pengurus Masjid dan masyarakat Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, ketua Rukun Warga (RW)/02, Agus Supriyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terimaksih kepada Polda Kepri atas atensi memberikan tausiyah san safari dakwah di daerah tersebut.

“Ucapan terimakasih kepada Polda Kepri, terkhusus bapak Irwasda Polda Kepri dengan digelarnya kegiatan ini. Kita semua tercerahkan dengan ceramah yang disampikan, semoga masjid kita menjadi masjid yang makmur,” singkat Agus Supriyadi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *