RDP Dengan Mitra, Komisi III DPRD SBB Minta Penyusunan Anggaran Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Kabar Daerah News

KABARTERKINI,NEWS— Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah SBB gelar dengar pendapat bersama mitra kerja, rapat dengar pendapat bersama dengan subtansinya umum yang di fokuskan pada penyusunan anggaran oleh masing – masing OPD agar harus terarah untuk pemanfaatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam rapat dengar pendapat Komisi III DPRD SBB yang melibatkan semua mitra kerjanya, namun ada beberapa mitra kerja OPD yang tidak hadir dalam tatap muka bersama komisi III DPRD SBB.Senin 11/11.

Rapat komisi III dengan mitra OPD dalam bingkai fungsi utama dalam hal ini mengemban tugas pengawasan, legislasi dan anggaran maka dalam sinegritas dengan OPD sebagai mitra yang harus di utamakan adalah Koordinasi.

Koordinasi sangat penting untuk selaraskan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati SBB, dan untuk itu OPD yang menyusun anggaran harus di bahas lagi bersama dengan komisi III sebelum mendapat pengesehan dalam paripurna DPRD.” Ungkap Ketua Komisi III DPRD SBB Abu Silawane.

Menurut Silawane, Koordinasi dapat berjalan baik dan efektif apabila di dukung dengan sikap transfaransi dari OPD dalam penyusunam program dan Angaran yang diarahan kepada pemanfataan dan pemberdayaan masyarakat.

Kadang OPD baik kita semua hanya memahami tranfaransi sebatas kata – kata tanpa tindakan apa pun.” Jelas Silawane.

Dijelaskannya, yang di maksud tranfaransi dengan tindakan adalah sikap dan keputusan yang di ambil harus sesuai dengan keputusan bersama antara OPD dengan Komisi III karena dalam fungsi pengawasannya, komisi III sering kali mendapatkan tindakan (realisasi) program kerja OPD di luar keputusan bersama.

Hal ini selalu menimbulkan polimik di masyarakat sehingga memberi kesan negatif terhadap DPRD dengan OPD.

Silawane yang juga politisi partai Gerakan Indonesia Raya, menambahkan hari ini komisi tiga ingin menciptakan ruang koordinasi dengan OPD sebagai sebuah kebutuhan utama. Dan bisa di lakukan secara formal maupun non formal.

” Jika koordinasi berjalan secara kontinyu maka dengan sendirnya tranfarasi akan tercipta antara komisi III dengan mitra OPD.

Selain itu di perlukan sikap kepekaan dan sigap dari OPD terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat terhadap kebutuhan – kebuthan dasar dan mendesak yang perlu di sikapi agar program program yang di hasilkan oleh OPD dapat berhasil guna untuk meningkatkan derajat hidup rakyat.*** fit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.