Pustu Tak Bertuan di Manipa, Pamana Minta Dinkes SBB Fokus Pemerataan Tenaga Kesehatan

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS – Keberadaan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kepulauan Manipa yang tak bertuan dan tidak ada tenaga medis kesehatan menjadi perhatian serius anggota DPRD SBB asal Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Arif Pamana.

Arif Pamana politisi PKB SBB kepada media ini menyatakan, pemerintahan daerah melalui Dinas Kesehatan untuk segera mendistribusi tenaga medis kesehatan pada daerah – daerah di Kepulauan seperti Buano, Kelang dan Manipa tersebut.

” Ini seharusnya diprioritaskan oleh dinas Kesehatan SBB Anis Tapang sebab tenaga medis kesehatan sangatlah urgen dan sangat di butuhkan oleh masyarakat, khususnya pada pustu dan harus ada pemerataan yang dilakukan oleh dinas kesehatan,” ungkap Pamana.

Dijelaskannya , banyak bangunan pustu, tapi tak bertuan dan tidak ada tenaga medis kesehatan tentunya menghambat upaya penanggulangan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah setempat,apalagi jauh dari puskesmas dan Rumah Sakit Umum ( RSU ).

” Dan sampai hari ini belum merata dan maksimal pelayanan kesehatan kepada masyarakat akibat menim bahkan tidak ada tenaga medis pada pustu yang ada,” jelas Pamana yang di juluki Si Anak Kampung tersebut.

Ditambahkan, Dinkes SBB harus melakukan evaluasi tenaga medis kesehatan, dan pamana pun meminta Dinkes SBB untuk dilakukannya evaluasi di wilayah piru dan kairatu sebab sudah over kapasitas pegawai kesehatan dan berbanding terbalik jauh dengan daerah daerah yang jauh baik di daerah pegunungan maupun di kepulauan

” Yang ada hanya bangunannya, tapi tidak ada tenaga medis kesehatan ini sangatlah menghambat penanggulangan kesehatan kepada masyarakat, dan sampai hari ini kelihatan belum merata dan maksimal,” Pungkasnya.

Dirinya mengendus, Piru dan Kairatu sudah over kapasitas tenaga kesehatan, dan harus ada pemerataan pada pustu – pustu yang tidak ada tenaga medis kesehatannya, sayangnya sudah dua tahun di bangun fasilitasnya tapi tidak ada tenang medis.

“Sekali lagi saya tegaskan kepada Dinkes SBB untuk memperhatikan pustu yang ada di Kabupaten SBB salah satunya di Kepulauan Manipa,”pungksa Pamana.***FIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.