PT. Angkasa Pura I Ambon Laksanaman Simulasi Penanganan Covid-19

Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS – Menyikapi beredarnya penyakit Virus Corona (Covid-19) yang akhir-akhir ini booming dibincangkan dunia, PT Angkasa Pura I Ambon beserta stakholder terkait mengadakan simulasi antisipasi beredarnya virus corona di Bandara Pattimura Ambon, Jumat (06/03).

Tujuan dari pelaksanaan simulasi ini untuk mencegah masuknya Virus Corona di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya. Simulagi tersebut dilakukan di areal kedatangan dan keberangkatan.

Simulasinya berawal ketika adanya salah satu penumpang yang terkena virus corona, dan ditangani oleh pihak Bandara mulai dari petusgasnya hingga tim medis kesehatan yang berada di bandara.

Pada penangananan penumpang yang positif corona, para penumpang dipindai menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner).

Dalam simulasi, disaksikan penumpang keberangkatan LionAir Rute Kota Bali-Ambon, setelah mengambil bagasi, mereka melewati alat pendeteksi suhu tubuh.

Dalam mintasi alat pendeteksi suhu tubuh, salah seorang penumpang mempunyai suhu tubuh 38, sehingga dievakuasi ke ruang isolasi dan diperiksa oleh tim kesehatan dan rujuk ke Rumah Sakit terdekat untuk oenanganan lebih lanjut.

“Kami melakukan mitigasi ini untuk dapat meminimalisir dampak virus corona tadi dengan pemangku kepentingan sesuai SOP yang berlaku,” ungkap Hire Wake – Airport Operation and Technical Senior Manager Bandara Pattimura, Randy Michael kepada wartawan saat selesai Konfresnsi pers, Jumat (06/03).

Dilanjutkannya, beberapa hal petugas juga sudah siapkan mulai dari menggunakan masker agar mengurangi dampaknya kepada petugas yang bekerja.

Untuk petugas Cleaning Service juga sangat siap untuk peningkatan intensitas kebersihan baik kepada penumpang yang datang dan berangkat serta kebersihan bandara sekaligus.

“Sedangkan untuk penumpang yang transit juga perlakuannya sama dengan penumpang yang tiba di kedatangan bandara, saya juga meminta agar para penumpang bisa berlakukan perilaku hidup bersih dan serta menjaga kesehatan agar jangan terjangkit virus corona,” jelas Kepala KKP Maluku, Bambang Priyanto di Bandara.

Bambang juga telah siapkan satu unit alat pengukur suhu badan, dan alat tersebut sudah diaktifkan di bandara dengan lengkap untuk lebih memudahkan tim kesehatan disana.

“Simulasi ini covid-19 kita sinergi di wilayah pelabuhan pintu masuk untuk mengantisipasi jangan sampai covid masuk di Kota Ambon,” tutup Bambang.*** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *