Prioritas Pemulihan Gempa Maluku, Tali Asih BUMN Di Lokasi Pengungsi Rindam Somel dan BTN Kairatu

Kabar Nasional News
Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN RI, H. Hambra Samal, didampingi Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrath di pengungsian wilayah BTN Kairatu.***Foto/RUL

KABARTERKINI.NEWS– MISI sosial kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI dalam rangka mendampingi korban Gempa Maluku terus digalakan.

Tepat hari Minggu (13/10), rombongan BUMN dipimpin Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis, H. Hambra Samal melaju ke kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Di kecamatan itu, sejumlah titik pengungsian dikunjungi oleh Deputi diantaranya, lokasi pengungsian Rindam, kompleks somel dan wilayah BTN dan sekitarnya.

Ibrahim (48), salah satu pengungsi diwilayah itu mengaku kehadiran rombongan BUMN menjadi angin segar.

Pasalnya, di wilayah Rindam dan sekitarnya itu, hanya diperhatikan jajaran TNI bukan pemerintah secara langsung.

Deputi saat menemui korban pengungsi di wilayah Somel Kairatu. *** Foto/Rul

“Kita untung saja ada bapa bapak tentara. Kalau ada bantuan kita langsung dikasih oleh bapa bapa tentara. Pemerintah selain BUMN tidak ada yang secara langsung seperti ini. Kami terimakasih sekali kepada bapa deputi dan rombongan,” ucap dia.

Ibu Una (44), pengungsi yang sama di wilayah itu mengakui, ribuan pengungsi berasal dari beberapa desa di pesisir pantai diantaranya, Waetasi Talaga Gemba, Waehatu, Kairatu.

“Bantuan awal katong (kita) dapat dari BUMN itu kalau tidak salah terpal. Itu awal pas katong memilih mengungsi. Terpal itu dapat dari BUMN,” akui Una.

Untuk diketahui, Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN RI, H. Hambra Samal, didampingi Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan.

Turut mendampingi Deputi BUMN, ASDP Indonesia Ferry cabang Rahmadi Nugroho, PT. JASARAHARJA, Andre Hendra Wibawa, BNI KC Ambon, Ferry Siahainenia dan Gedung PT PELINDO IV (PERSERO) Cabang Ambon Yusri.

Pantauan media ini di lapangan, kunjungan rombongan ini untuk berbagi tali asih berupa menu makan siang siap saji disamping BUMN juga melakukan upaya pemulihan trauma kepada masyarakat. Terutama kepada anak-anak.

Salah satu Relawan BUMN Hadir Untuk Negeri, Sahril, kepada media di Kairatu menegaskan, bantuan BUMN kepada masyarakat di kecamatan Kairatu secara merata disalurkan melalui sejumlah posko induk. Ada juga langsung diberikan di titik-titik pengungsian.

“Bersama pak Deputi dan Yayasan BUMN Pak Harjawan Balaningrath, kita sudah ada sejak awal membantu korban pengungsian,” ungkap dia.

Deputi sesat setelah tiba di wilayah Rindam pusat lokasi pengungsian.*** Foto/Rul

“Tadi bersama pak deputi, kita berbagi 1.500 makanan siap saji. Kita juga berupaya melakukan upaya pemulihan bersama adik-adik sesuai target BUMN,” papar Syahril.

Deputi bidang Infrastruktur dan bisnis, BUMN RI, H. Hambra Samal di lokasi pengungsian talaga gemba menegaskan, kementerian BUMN melalui BUMN hadir Untuk Negeri tetap mendampingi pengungsi hingga kondisi kembali normal.

“Terpenting sekarang kita saling bantu untuk memulihkan traumatik. Terutama anak anak. Maknya tadi sedikit kita main sama mereka,” ungkapnya irit bicara.***RUL/FIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.