Predikat Terbaik UNBK 2019, Salatalohi Apresiasi Usaha Keras Para Guru

Kabar Daerah Kabar Nasional News Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS- Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, Dr. Fahmi Salatalohi memberikan apresiasi tak tak terhingga kepada para dewan guru se-kota Ambon.

Pasalnya kota Ambon tercatat sebagai peraih nilai tertinggi dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019.

Apreseasi yang sama juga dia sampaikan Salatalohi kepada pimpinan dan jajaran DPRD Kota Ambon atas partisipasi dan topangan serta dukungan dan selalu bersama dinas pendidikan dalam melakukan pengawasan dan control terhadap dunia pendidikan di kota Manise.

“Saya patut berikan apreseasi bagi seluruh guru di Kota Ambon atas usaha kerasnya, anak-anak bisa melewati UNBK dengan baik, bahkan predikat tertinggi juga didapat oleh kota ini,” ungkap Salatalohi, Senin (27/05).

Dikatakan, hari ini, bukan saja kebanggaan masyarakat kota Ambon atas manajemen keuangan yang baik karena mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun berturut-turut.

Masyarakat kota Ambon juga patut berbangga atas kinerja para guru yang mana mengantarkan dunia pendidikan kota Ambon meraih predikat terbaik UNBK tertinggi dibanding 9 Kabupaten 1 kota lainnya di Maluku.

“Kita pegang predikat terbaik dengan nilai tertinggi selama dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2018 dan 2019,” akui Salatalohi.

Singkat dirincikan, untuk nilai UNBK Matematika meraih nilai 100% dan Bahasa Indonesia serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggondol nilai masing-masing 96%.

Mantan staf ahli wali kota Ambon ini pun menyebutkan, predikat terbaik dengan nilai tertinggi yang diraih para siswa adalah sebuah investasi besar. Tidak bisa dipungkiri, kata Salaatalohi, rata-rata Instansi/perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan seseorang sebagai bahan pertimbangan untuk penempatan kerja di masa mendatang.

“Dan investasi ini perlu kita jaga, kita rawat dan kita pelihara dengan baik, demi generasi kota Ambon yang smart,” singkatnya.

Ia berharap, semangat, kerjasama serta kesungguhan melayani dengan hati yang sudah ditunjukan para guru dan kalangan pendidik lainnya, bisa dipertahankan, sehingga mutu pendidikan di Ambon bisa terus meningkat.

Untuk diketahui, atas prestasi yang diraih pendidikan kota, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Saleh Thio telah menyerahkan hasil UNBK 2019 dan diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, pada hari Senin dini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Saleh Thio, menilai kelulusan di Maluku khususnya di kota Ambon secara umum sudah melebihi passing grade yang ditentukan pemerintah pusat.

Karena secara umum, Maluku sudah naik dan mencapai rata-rata passing grade yakni 70% dari kriteria pusat yang menentukan nilai sebanyak 50%.

Passing Grade itu batasnilai minimal yang harus dicapai. Passing grade biasanya dinyatakan dalam bentuk persen, biasanya berkisar 40% – 50%.

‘”Rata-rata nilai kelulusan di Maluku sudah mencapai 70% beberapa diantaranya seperti kota melampaui batas itu lebih tinggi,’’ akui Thio.

“Pencapaian nilai diatas passing grade ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa yang ditorehkan Maluku untuk ujian nasional tahun 2019 ini,” kuncinya.*** Rul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *