Prajurit Kodam Pattimura ikut Pelatihan Jurnalistik

News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS– Prajurid Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura Ambon ikut pelatihan jurnalistik guna mambangun jiwa jurnalistik yang profesional dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Oleh karena itu, Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Tim Akademisi dan Praktisi Pusat menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi Prajuritnya, bertempat di Aula Makodam, Kota Ambon, Pada Rabu (18/09).

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan langkah yang positif bagi Kodam XVI/Pattimura dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana yang tepat bagi personel penerangan di jajaran Kodam XV/Pattimura untuk mendapatkan pembelajaran tentang seluk beluk dunia jurnalistik.

Pelatihan yang berlangsung mulai tanggal 18 s.d 21 September ini, berkerja sama dengan Tim Akademisi dan Praktisi Pusat yang sekaligus menghadirkan pembicara dari kalangan jurnalis senior. Sebut saja Wartawan Media SCTV Indonesia, Bapak Satya Pandia dan Wartawan Media Indosiar sekaligus dosen di perguruan tinggi swasta dan UI, Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan,M.A., M.Si.

Tim Akademisi dan Praktisi Pusat disambut hangat oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq disela-sela membuka kegiatan jurnalistik. Pangdam XVI/Pattimura menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Tim Akademisi dan Praktisi Pusat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Akademisi dan Praktisi Pusat yang telah berkenan memberikan pelatihan jurnalis kepada para perwira dan seluruh Prajurit, beserta Ibu-ibu Persit KCK PD XVI/Pattimura,” ujar Pangdam.

Pangdam berpesan “Waktu pelatihan ini sangatlah singkat, sehingga peluang ini hendaknya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh aspirasi, pemikiran, pandangan dan pengalaman yang berkaitan dengan jurnalistik, baik dari pemateri maupun peserta lain, agar persoalan maupun kendala yang masih sering di temukan di satuan dapat segera dicarikan solusi untuk bisa diatasi dengan optimal”.

Dalam penyampaian materi pelatihan dasar jurnalis yang disampaikan oleh Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan, dijelaskan cara menulis berita dan teknik pengambilan foto yang benar.

Diharapkan setelah diadakan pelatihan ini para Perwira, Prajurit, dan ibu Persit dapat mengirimkan berita dengan benar, sehingga apa yang dilakukan oleh jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat terkekspos di seluruh media.

“Minimal Menguasai dalam hal pengeditan foto atau video, penulisan berita dan mampu melawan berita palsu atau hoax”, tutupnya. *** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *