Pimpin Gugus Tugas Tangani Covid19 di MBD, Philipus Dibanjiri Saran

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Kepala Dinas Pertanian kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Y.D.D.Philipus ditunjuk sebagai ketua Gugus Antisipasi penyebaran Virus Corona di kabupaten tersebut.

Penunjukan serta pembentukan tersebut dituangkan dalam Keputusan Bupati Maluku Barat Daya Nomor : 443.2 – 270 tahun 2020 tanggal 18 Maret 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Maluku Barat Daya.

Sebagaimana pers rilis yang diterima media ini di Tiakur, Selasa (24/03) menyebutkan, proses penunjukan ketua gugus tugas tersebut digelar dalam rapat pimpinan ang digelar Sabtu pekan kemarin.

Selain agenda penunjukan, ada pula penyerapan saran dan pendapat dari masing-masing peserta rapat.

Kasat Res MBD Intelkam b

Adapun penyampaian, saran dan masukan dari peserta rapat Kasat Intelkam Res MBD, Iptu Eroll Da Costa, menyampaikan bahwa intinya mengantisipasi penyebaran Virus Corona, Pihak Polres Kab. MBD akan membatasi bentuk keramaian, sedangkan untuk kegiatan keramaian dalam rangka Pilkada, pihaknya akan berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada. Masyarakat yang masuk ke wilayah Kab. MBD sebagian besar bermukim di Desa Wakarleli, dan tidak memiliki identitas diri lengkap berupa KTP.

Kadis Keshatan MBD

Sementara kepala dinas Kesehatan menyatakan akan mengitruksikan kepada petugas Puskesmas dapat dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait dengan virus corona, dan sekaligus melakukan pengawasan pada kecamatan-kecamatan.

“Dinas Kesehatan MBD telah siap untuk melakukan Disinfeksi Bandara, Agar setiap OPD melaporkan terkait staf pada masing-masing OPD yang baru kembali dari daerah terjangkit, Bagi petugas pelabuhan agar berlakukan kartu pengawas, Ruang isolasi harus disiapkan sesuai dengan standar dari Kementrian Kesehatan,” katanya dalam rapat waktu itu.

Kadis Pendidikan MBD

Selain itu, Kepala dinas Pendidikan menyatakan, akan meliburkan siswa / siswi, dan proses belajar mengajar dipindahkan ke rumah. Namun pelaksanaan ujian tetap dilaksanakan.

Kadis Perhubungan MBD

Untuk Kepala Dinas Perhubungan menegaskan akan mensterilisasi ruang tunggu pada pelabuhan dan bandara, Kami akan melakukan pemeriksaan pada bandara dan pelabuhan terkait dengan kedatangan orang di Maluku Barat Daya.

“Kami akan mendistribusikan spanduk – spanduk dan selebaran terkait virus corona pada pelabuhan – pelabuhan di Kab. Maluku Barat Daya, Kami akan meminta rekomendasi dari Bupati terkait dengan penutupan jalur masuk perbatasan yang berada di Wetar, Romang, Leti dan Kisar.”

“Agar Tim Gugus segera turun ke kecamatan – kecamatan untuk melakukan sosialisasi terkait dengan virus corona pada kecamatan – kecamatan. Kita akan mengatur tim yang didalamnya terdapat Kepolisian, Perhubungan, Satpol PP dan KKP dalam membantu petugas pelabuhan dan bandara terkait dengan arus penumpang,” tambah Kadis Perhubungan menjelaskan.

Kadis Ketahanan Pangan MBD

Disudut yang lain, Kadis Ketahanan Pangan menyatakan, akan melakukan pengawasan bersama dengan turun langsung, serta melakukan sosialisasi tentang virus corona dan ketersediaan penganan di pasaran.

Dikatakan, masalah pangan menjadi masalah yang diprioritaskan dalam penanganan virus corona, diharapkan agar tim bekerja dengan baik sehingga masalah pangan dapat teratasi.

Untuk Satgas Pangan diketuai oleh Kapolres MBD, sehingga kita akan berkoordinasi terkait dengan penimbunan – penimbunan pangan dampak dari virus corona.
Agar berkoordinasi dengan kecamatan – kecamatan terkait dengan stok beras yang ada di Kecamatan, dikarenakan stok beras bagi Kab. MBD hanya 100 ton sementara hasil dari pengecekan dibutuhkan lebih dari 100 ton yaitu 145 ton.Agar Kadis Perhubungan dan Kadis Perindag mendorong pengusaha – pengusaha untuk memasok pangan di

Kadis Pekerjaan Umum MBD

Terkait penanganan virus corona, agar segera menyiapkan ruang isolasi. Namun tempat yang dipersiapkan sebagai ruang isolasi belum dialiri listrik, sehingga perlu segera berkoordinasi dengan pihak PLN untuk pemasangan listrik pada ruang isolasi.

Dia meminta agar segera dibuat rekomendasi terkait dengan pemenuhan kebutuhan ruang isolasi. “Kami telah menyampaikan kepada kontraktor agar bagi para pekerja yang diambil dari luar Kab. Maluku Barat Daya dilakukan pemeriksaan sebelum pengerjaan proyek,” papar dia.

Direktur RSUD Tiakur MBD

Paparan Direktur RSUD Tiakur Khusus pasien dalam tahap pemantuan bisa diisolasi di rumah, namun jika sudah terinfeksi harus segera diisolasi pada ruang isolasi.
Terkait dengan pelaksanaan sosialisasi, agar dipertimbangkan dan bagi yang akan melakukan sosialisasi untuk segera diperiksa sebelum ditugaskan untuk melakukan sosialisasi virus corona.

Kadis Infokom MBD

Dirinya menegaskan akan segera mensosialisaikan ke sekolah – sekolah terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona, khususnya dinas terkait. Namun demikian, Dinas Infokom akan terus melakukan himbauan kepada masyarakat melalui kendaraan operasional Infokom mengenai virus Corona. Kami telah berkoordinasi dengan percetakan terkait dengan pembuatan baliho, spanduk dan selebaran untuk dibagikan dan dipasang di dinas-dinas maupun objek-objek yang dilalui atau disinggahi masyarakat, seperti pasar, pelabuhan maupun bandara.

Paparan Kepala Badan Keuangan MBD
Saat ini kita tidak perlu membahas masalah teknis pencegahan penyebaran virus Corona, namun kita harus membahas rencana aksi yang konkret.

Sudah ada surat yang masuk terkait dengan anggaran yang ditujukan ke Dinas Kesehatan terkait penanganan virus corona. Agar dibuat laporan kinerja bidang kesehatan terkait penanganan virus corona sehingga DAU bulan Mei dapat ditransfer.Agar dibuat Ren Aksi dan RKA untuk penggunaan dana tak terduga terkait penanganan virus corona. Agar dibuat pusat data dan humas terkait dengan virus corona, sehingga kita semua satu suara dalam penanganan virus corona.Agar dibuat surat edaran agar pelaksanaan libur untuk tetap tinggal di rumah, dan tidak boleh melakukan perjalanan keluar dari MBD.

Paparan Kepala Kesehatan Pelabuhan

Agar membuat tim dalam membantu petugas bandara dan pelabuhan dalam pencegahan penyebaran virus corona di Kab. MBD.
Bagi Dinas Kesehatan agar menugaskan beberapa staf untuk membantu petugas pelabuhan dan bandara.Mohon bantuan pihak Kepolisian agar membantu kami dalam mengatur arus penumpang pada pelabuhan.

Paparan Kepala Wilayah Kerja Pelabuhan Kaiwatu

Sekata dengan dengan Kadis Kominfo agar anak sekolah diliburkan terkait dengan pencegahan virus corona. Dimohon kepada Kasat Intel agar menambah anggota pada pelabuhan terkait dengan pengambilan identitas penumpang yang masuk ke Kab. MBD khususnya Kota Tiakur.

“Bagi Kadis Kesehatan agar menempatkan alat pendeteksi virus corona pada pelabuhan dan bandara, dan menempatkan tim pemeriksa pada pelabuhan dan bandara. Agar selalu melakukan monitoring di Pulau Luang dan Wetar terhadap kapal dari luar yang masuk di wilayah MBD,” usulnya.

Kesimpulan

Diharapkan seluruh ren aksi dan ren anggaran sudah harus dimasukan dalam bentuk telaah secepatnya.\

Beberapa langkah-langkah penting sudah ada pada surat edaran Bupati dan akan ditingkatkan dengan surat ederan Sekda Kabupaten Maluku Barat Daya dengan isi edaran yang intinya memberikan ajakan dan himbauan.

Intruksi pembuatan browsure/stiker oleh seluruh OPD merupakan kewajiban. Kesemuaan itu diharapkan berkoordinasi dengan Dinas Infokom.

Sekolah diliburkan selama 2 minggu kedepan kecuali untuk pelaksanaan Ujian Akhir Nasional tetap dilaksanakan. Segera difungsikan dan juga difungsikan satgas untuk pencegahan virus corona pada pelabuhan dan bandara di MBD.

Dinas Perindagkop & UMKM MBD diharapkan sesegera mungkin melaksanakan operasi pasar dan agar berkoordinasi dengan pihak terkait, Dinas Kesehatan diwajibkan menyampaikan protokol karantina mandiri bagi penumpang yang baru tiba di Kab. Maluku Barat Daya, SKPD wajib menyampaikan ke Dinas Kesahatan bagi pejabat yang baru kembali dari daerah terjangkit virus corona, Brosur agar besok didistrubusikan ke gereja khususnya pada Kota Tiakur.***Janes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *