Pergesaran Tanah ! Longsor Terjadi Tutup Badan Jalan, Kaisupy: Sudah Bersih

Kabar Daerah News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS–  RUAS jalan di dusun Hanie Negeri Tial kecamatan Salahutu kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang semula  tertutupi akibat  bongkahan batu besar dan matrial tanah, kini telah bersih dan aman dilalui kendaraan, Sabtu (12/10).

Arus kendaraan lalu lintas berjalan normal setelah sejumlah tokoh dan masyarakat setempat membersihkan badan jalan yang kena longsoran tersebut.

Sejumlah tokoh yang ikut memantau aktivtas warga tersebut diantaranya,  Kapolsek Salahutu AKP. I. RISAMBESSY, S.Sos, Pejabat Pemerintahan Negeri Tial  Salim  Rolobessy, Bhabinkamtibmas Negeri Tial, Bhabinsa Negeri Tengah – Tengah Koptu  Rahman dan Pelda  Abdulgofar  Parihala Bamin Komsos Koramil 1504 – 04 Salahutu.

“Warga Masyarakat Negeri Tial dan Negeri Tengah – Tengah Mengawasi  Sekaligus Membantu Proses Penghancuran dan Pemindahan Bongkahan Batu Tersebut Oleh Alat Berat Excavator, “ ungkap Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Jumat (11/10/2019) malam.

Kaisupy mengkrnologikan, tepat Hari Jumat Tanggal 11 Oktober 2019 Pukul 16.00 WIT Bertempat di Dusun Hanie Negeri Tial Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Telah Terjadi Peristiwa Longsornya 2 (dua) Buah Bongkahan Tanah Besar Yang Menutup Akses Jalan Menuju Negeri Tial dan Negeri Tengah – Tengah.

Menurut Keterangan Saksi BRIPKA. LA. SARIF. NEKA Yang Merupakan Personil Polsek Salahutu Yang Tinggal Berjarak -+ 200 Meter Dari TKP menerangkan, pada awalnya bripka. La. Sarif Neka yang sementara duduk di rumahnya mendengar bunyi benturan yang sangkat kuat.

Kemudian bersama warga dusun Hanie Tial berlari menuju ke atas jalan raya untuk memastikan bunyi tersebut berasal dari bagian mana.

“Respon Bripka. La Sarif Neka melihat kearah jalan menuju negeri tial mendapatkan 2 (dua) buah bongkahan tanah besar yang longsor dari badan tebing sehingga menutup ruas jalan raya yang merupakan akses jalan menuju negeri tial dan tengah – tengah,” ungkap Kasubbag.

Kejadian longsoran dan jatuhnya bongkahan batu besar itu mengakibtkan arus lalu lintas setempat sempat terganggu.

“Pukul 16.40 WIT pejabat pemerintahan negeri Tial Salim Rolobessy mengarahkan alat berat berupa excavator milik PT. MEGA BUANA yang sementara di gunakan pemerintah negeri Tial untuk membongkar jalan tani menuju ke TKP,” akui Kasubbag.

Singkat dijelaskan, pukul 18.21 WIT proses penghancuran dan pemindahan matreal bongkahan batu tersebut selesai bersihkan oleh alat berat excavator, kemudian Kapolsek  Salahutu akp. I. Risambessy anggota TNI bersama warga masyarakat negeri Tial dan negeri Tengah – Tengah bersama – sama membersihkan sisa material tanah yang masih berserakan di atas jalan raya

“Tidak menimbulkan kerugian matriel maupun korban jiwa,” singkat Kasubbag.

Tepat pukul 18.40 WIT ruas jalan raya menuju negeri tial yang tadinya tertutup sudah bisa di lewati oleh  kendaraan baik roda dua maupun empat.

“Penyebab terjadi peristiwa tersebut bisa perkirakan karena terjadi fenomena alam gempa bumi yang sementara melanda kota Ambon dan kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 26 september 2019 di sertai dengan gempa – gempa susulan menyebabkan terjadi pergeseran tanah,” pungkasnya.*** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *