Parihala Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Mudik Lebaran 2019

Kabar Daerah Kabar Nasional News
Ilustrasi Apel***foto Lelemeku

KABARTERKINI.NEWS- Kepala UPP Kelas III Dobo Wiliam Parihala Pimpin Apel Gabungan Kesiapan Angkutan Laut Mudik Lebaran sekaligus pembukaan Poskoh Pengamanan Tahun 2019 (1440H) bertempat di lapangan Polsek KPPP Dobo Rabu, (22/05).

Sambutan Menteri Perhubungan RI Buhi Karya Sumady yang di bacakan Oleh kepala UPP kelas III Dobo Wiliam Parihala.

Dikatakan bahwa, kegiatan Apel dan pembukaan Poskoh Angkutan laut lebaran tahun 2019 ini bertujuan untuk memantapkan Koordinasi Antar Petugas/instansi terkait/ penyedia jasa Maupun Asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan Mudiknya dengan Aman/ selamat / tertib dan Nyaman.

Untuk itu selaku Menteri Perhubungan RI mengapresiasi kepada segenap Jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan semua Pihak terkait yang telah mempersiapkan kegiatan Apel kesiapan sekaligus pembukaan Poskoh Angkutan Laut lebaran 2019 (1440H) dengan Baik.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyelenggaraan Angkutan Laut lebaran yang setiap tahun dilaksanakan bertujuan memberikan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang akan perjalanan Mudik untuk merayakan hari raya idul Fitri atau lebaran ke kampung halaman maka kementerian Perhubungan telah bertekad untuk terus menjamin penyelenggaraan Angkutan Lebaran sebagaimana Slogan Mudik pada tahun 2019 Yaitu” Mudik Bareng Asyik Lancar”.

Sesuai dengan tema Diatas maka Dalam Rangka untuk mewujudkan angkutan Laut lebaran tahun 2019 ini yang selamat dan Aman Ini diperlukan langkah-langkah untuk mendukung hal tersebut beberapa hal yang perlu dilaksanakan adalah melakukan Koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing.

Selain itu juga, untuk memudahkan dan memperlancar pelayanan dalam penyelenggaraan Angkutan Laut selama lebaran semua petugas baik dikantor pusat maupun di seluruh UPT di daerah harus terus melakukan Inspeksi dan pemantauan pelaksanaan Angkutan Lebaran baik secara langsung dengan terjun ke lapangan maupun melalui sistem Informasi dan Komunikasi semua ini dilakukan dengan tujuan untuk menjamin penyelenggaraan Angkutan Laut selama lebaran tahun 2019 dan dapat berjalan dengan Aman, Selamat, Tertib dan Nyaman.

Pada angkutan laut Lebaran tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan penumpang sekitar 4, 80% dibandingkan dengan Lebaran tahun 2018 kemarin dari data Realisasi yang ada pada Lebaran tahun 2018 adalah sebesar 1.830.289 orang maka dengan Prediksi untuk Tahun ini Naik 4,80% diperkirakan sebanyak 1.918.182 orang akan menggunakan Transportasi Laut.

Sehingga dalam rangka menjamin keselamatan dan dan keamanan pelayanan pada masa Angkutan Laut lebaran juga telah dilakukan Uji petik kelaiklautan kapal Penumpang di seluruh pelabuhan yang melayani angkutan penumpang.

Selain itu juga bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut lebaran juga dilaksanakan Poskoh Angkutan laut lebaran tahun 2019 itu mulai pada H-15 (21 Mei 2019 Samapi dengan H+ 15 (21juni 2019) Poskoh ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang cukup baik seperti Monitor CCTV, Tracking Sistem untuk kapal penumpang dan kapal perintis serta Aplikasi pelaporan Naik/ turun penumpang di 51 pelabuhan.

Terkait dengan hal” tersebut maka dirinya berpesan agar segenap jajaran direktorat jenderal perhubungan laut dapat melakukan Koordinasi dan pemantauan secara intensif untuk memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada masyarakat khususnya yang akan melakukan pelayaran ke kampung halaman agar bisa berjalan dengan baik, tertib, nyaman dan aman sehingga selamat sampai ke Tujuan masing-masing harapa Menhub.

Dirinya juga mengingatkan bahwa pada masa angkutan lebaran tahun ini kementerian perhubungan kembali akan menyelenggarakan program ” Mudik Gratis Sepeda motor dengan kapal laut” Program mudik gratis Tahun ini akan melayani Trayek Jakarta- Semarang Pulang Pergi yang tentu merupakan bukti kepedulian menteri Perhubungan cq. Ditjen perhubungan laut yang berpihak kepada masyarakat yang menginginkan Mudik Bareng, Asyik Lancar.

Dirinya juga berpesan agar semua jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut harus bertekad dengan semangat, ikhlas dan disiplin yang tinggi untuk bersama-sama mewujudkan penyelenggaraan angkutan Laut lebaran tahun ini yang Aman, Selamat, tertib dan Nyaman.***Janes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *