Memperingati Sumpah Pemuda, Kwairumaratu: Saya Harap Perbanyak Kegiatan di Kampung

Kabar Daerah Kreativitas News Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 91, yang digelar taman baca masyarakat insan cita Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dapat dihadiri berbagai narasumber.

Kegiatan yang berlangsung di kawasan TBM insan cita Kampung Wailola, Kecamatan Bula pada Senin, 28 Oktober 2019 itu, dihadiri pembicara akademisi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon Dr. Saidin Ernas, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SBT Sudir Rumanama, serta Kepala Pemerintah Negeri Wailola Muhammad Yusran Buatan.

Dalam kegiatan tersebut, Fathul Kwairumaratu yang hadir sebagai peserta meminta kepada perwakilan dinas pendidikan untuk selalu melestarikan budaya-budaya lokal yang ada pada setiap desa di Kabupaten SBT. Karena menurut Fathul, budaya adalah indentitas lokal yang harus dirawat dan dijaga.

“Mulai dari bahasa daerah, tarian-tarian adat dan semua yang berkaitan dengan kearifan lokal harus terus dirawat. Dan saya minta untuk dimasukkan didalam program dinas pendidikan” tutur Fathul di lokasi kegiatan sambil berdiri.

Tak hanya itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) SBT tersebut meminta pandangan dari Dr. Saidin Ernas, terkait inovasi dalam membangun pembangunan di bumi Ita Wotu Nusa.

“Saya harap, pak Dr. Ernas memberikan pikiran-pikiran cemerlangnya untuk kita sama-sama membangun negeri kedepannya dengan nilai-nilai inovatif dan kreatif” ucap Fathul.

Fathul mengharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya difokuskan di perkotaan. Namun sudah sepatutnya diselenggarakan di setiap kampung-kampung yang ada di SBT.

Fathul juga meminta, taman baca masyarakat insan cita harus memiliki bank data. “Maksudnya buat pendataan cari tau tarian-tarian lokal apa saja yang masih ada. Karena saya temukan di beberapa daerah itu kearifan lokal itu masih ada” pinta Fathul.

Untuk diketahui peserta yang hadir terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan tamu undangan lainya.***Sof

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.