Lima Langkah Strategis Membangun Sinergitas Antara DPRD dan Kepala Daerah

Kabar Daerah News Politik

KABARTERKINI NEWS – Dalam mengikuti orientasi untuk menguatkan pendalaman tiga fungsi sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, untuk itu DPRD khususnya DPRD SBB dipandang perlu untuk mengikuti orientasi ini

Hal ini agar dapat memahami materi – materi yang di sampaikan dari nara sumber dan dapat diimplementasikan nanti sebagaimana dengan tiga fungsi kontrol yang melekat pada DPRD itu sendiri.

Dari materi yang disampikan tentang hubungan kerja sama antara DPRD dan Kelapa pemerintah, hal ini di dasari dengan adanya sinergitas yang harus dibangun antara DPRD dalam hal ini DPRD SBB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten SBB

Hal ini disampaikan oleh ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD SBB Abdul Rauf Latulumamina kepada media ini saat dimintai keterangan dikatakannya.

Ada lima langkah strategis untuk membangun sinergitas yang baik hubungan kerja sama DPRD SBB dengan Pemerintah Daerah, dan ini menjadi dasar antara kedua belah pihak untuk bagaimana diimplementasikannya nanti agar hubungan kerja itu sinergi dan terintegritas.

Lima langkah menurut latulumamina diantaranya yang pertama Perlu kesepahaman tentang kedudukan, peran dan fungsi masing – masing sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah. Kedua Menyingkirkan Ego Personal dan Ego Institusional. Ketiga. Membangun Logika kerja berbasiskan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya. Keempat Membangun komunikasi politik secara formal dan informal, Kelima. Mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama,” rinci Latulumamina.

Dikatakannya latulumamina, dari kelima langkah ini yang paling mendasar hubungan antara DPRD SBB dan Pemerintah Daerah Kabupaten SBB adalah poin 3 dan 4, artinya pemerintah daerah dan DPRD SBB tidak boleh memilih jalan masing – masing dan harus bersinergis

Dalam hal ini harus berpatokan pada perundang – undangan setiap langkah yang akan diambil, untuk itu dibutuhkan sinergitas DPRD SBB dengan Pemkab SBB dan lebih lagi adanya pertemuan secara berkala antara DPRD SBB dengan Pemkab SBB,” jelas Latulumamina.

Soal penerapan Visi dan Misi Pemkab SBB dalam RPJMD menurutnya, DPRD baru dilantik dan baru bekerja. kedepan kami harapkan ada kerjasama yang baik yang mengacu kepada 5 prinsip diatas.

Tentu saja untuk menilai keberhasilan Bupati dalam merealisasikan visi misinya dalam RPJMD,akan kami nilai diakhir masa jabatannya. Namun tentu saja secara bertahap kami akan lakukan evaluasi dan penilaian dalam tahapan pembangunan yang diwujudkan dalam RKPD yang disusun setiap tahun,” cetus Latulumamina.

Untuk itu, Latulumamina berharap kepada semua anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat untuk sama – sama mengimplementasikan hal ini dalam kerja,agar terbangun hubungan sinergitas dan integritas antara DPRD dan Pemkab SBB,” harapnya singkat.***FIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *