Libatkan Pela Galala dan Gandong Eri, Negeri Hitulama Renovasi Rumah Raja

Tak Berkategori
Pengamanan Jalannya Prosesi Adat Renovasi Rumah Raja Hitulama Langsung Dipimpin Kapolsek, Leihitu iptu, DJAFAR LESSY, SE.*** Foto/Rul

KABARTERKINI.NEWSKABARTERKINI.NEWS- MASYARAKAT negeri Hitulama kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan prosesi adat  renovasi atap rumah raja, Sabtu (16/11).

Prosesi adat kegiatan dimulai dengan pengambilan atap pertama dari Rumah Tua marga Pelu.

Selanjutnya atap-atap yang terbuat dari dari daun sagu itu dibawa menuju Rumah Raja Negeri Hitu lama dengan mengunakan bahan-bahan tradisional yang di bentuk seperti perahu mengelilingi Negeri Hitu menuju rumah Raja Negeri Hitulama.

Rombongan masyarakat yang menggiring atap rumah dipimpin tokoh adat. Sesampainya di rumah tua raja Hitulama, diterima langsung oleh Raja Negeri Hitulama, Salhana Pelu S.Sos.

Ketiatan tersebut merupakan kegiatan adat yang turun temurun di laksakanan pada saat pergantian atap rumah adat  Rumah Raja Negeri hitu lama.

Turut hadir dalam giat tersebut, Masayarakat Negeri Ery kecamatan Nusaniwe kota Ambon.

Eri merupakan gandong dari negeri Hitulama. Selain Eri, masyarakat Negeri galala Sebagai pela dari Negeri Hitulama juga mengikuti prosesi adat renovasi atap rumah raja.

Dalam prosesnya, pengamanan langsung dalakukan oleh personil Polsek Leihitu yang di pimpin langsung oleh kapolsek Leihitu iptu, DJAFAR LESSY, SE.

Pantauan media ini, selama berlangsung kegiatan Sampai selesai giat di Negeri hitu lama situasi aman terpantau dan kondusif.

Direncanakan pada pukul 15:00 WIT sore nanti, akan dilanjutkan dengan kegiatan penutupan atap rumah adat Rumah adat Negeri Hitulama dan dilanjutkan malam hari acara adat pasar malam.*** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.