Kolaborasi PKM, PemNeg, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Sisir Petuanan Iha Tangkal Covid-19

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– PENANGANAN mewabahnya Virus Corona gencar dilakukan di negeri Iha dan Kulur kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Hal itu dapat diliat dengan tanggapnya para pemangku kepentingan di negeri adat tersebut saat melakukan kolaborasi, Selasa (24/03).

Pantuan media ini, Jajaran Puskesmas Iha, jajaran Pemerintah Negeri (PemNeg), Babinsa dan Bhabinkamtibmas turun bersamaan menyambangi masyarakat di dusun petuanan negeri Iha.

Dengan misi sosialisasi penangan corona alias Covid19, rombongan tersebut mengisyaratkan kepada masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri.

Langkah preventif yang diambil tersebut merupakan hasil kordinasi demi meredam kepanikan warga di wilayah tersebut.

Kepala Puskesmas (Kapsus) Iha, kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Ismail Samal menegaskan, pihaknya membuka diri untuk sama sama mensosialisasikan wabah berbahaya tersebut.

“Ini tanggung jawab bersama. Bukan persoalan kita di kesehatan lalu kemudian menjadi tanggung jawab kami seutuhnya. Ini sudah ditetapkan bencana non alam. Jadi semua stacholder di desa ini wajib ikut terlibat,” singkat Samal.

Sementara Sekretaris Negeri ( Sekneg) Iha, Hadsan Kaisupy mengakui, perintah siaga corona telah diterima pihaknya.

“Kita tentu akan saling menutupi dalam menjalankan proses ini. Tentu pula kesadaran masyarakat mengikuti himbauan pemerintah sangat kita harpakan,” kata Kaisupy.

Kaisupy mengakui, kolaborasi dengan sejumlah instansi dan aparat keamanan adalah kunci untuk mencapai tujuan.

“Tujuan kita, masyarakat harus merasa aman. Tentu didukung dengan kesadaran masyarakat itu sendiri. Banyak himbauan sudah kita berikan kepada masyarakat. Semoga dapat menjadi pegangan untuk dijalankan,” harapnya.

Senada dengan Kapsus dan Sekneg Iha, Bintara Binaan Desa (Babinsa), Serma D.H Putuhena dan Bintara Binaan Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Brikpol M Lattupono mengakui hal yang sama.

Puttuhena menjelaskan, metode yang dibawakan rombongan dari negeri induk ialah metode sosialisasi keliling “dor to dor.”

Babinsa Iha, kepada wartawan menegaskan upaya tersebut memang wajib digalakan, agar warga dapat memahami begemana penyebaran bahaya Virus Corona itu

“Isu Corona telah tersebar luas ke masyarakat, maka itu kita wajib memberikan pemahaman kepada warga agar mereka juga tahu bagaimana cara pencegahan Virus Corona, sehingga dapat dipraktekan dalam kehidupan mereka sehari – hari,” ujar Putuhena.

Ditambahkan oleh Bhabinkamtibmas, Brigpol M. Lattupono.

Dikatakan, selaku pengayom masyarakat, dirinya harus terjun untuk menyampaikan pesan – pesan tersebut.

“Apalagi Kapolri sudah mengeluarkan amantanya perihal covid. Kita diminta memberitahukan secara persuasif isi pesan bapak Kapolri yang sebelumnya telah dirincikan oleh Bapak kapolsek. tugas saya menyampaikan,” singkat dia.

Kolaborasi masal tersebut dibubuhi dengan penyebaran pengumuman/himbauan tertulis kepada warga melalui brosure yang ditempelkan di sejumlah didinding rumah warga.

Untuk diketahui, rombongan tersebut melakukan sosialisasi di dusun Uhe desa Iha. Sebelumnya, sesaat sebelum rombongan mengunjungi dusun petuanan, rombongan mempertegas imbauan di balai desa dihadiri puluhan masyarakat. Sementara Babinsa dan Bhabinkamtibmas membacakan pengumuman di negeri Iha dan Kulur yang isinya amanat dari Koramil 1502/07 Piru dan Polsek Huamual.*** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *