Ketika Sang Juara Tinju Dunia Pulang Ke Buru

Tak Berkategori

KABARTERKINI.NEWS– JUARA dunia cabang olahraga tinju kelas bulu versi WBC Asian Boxing Council Continental, Ongen Saknosiwi  diberi kesempatan untuk pulang kampung di kabupaten Buru, Selasa (17/08).

Ongen dinobatkan sebagai juara dunia usai menumbangkan petinju Thailand,  Nanthawat Mailochat  pada tanggal 7 September 2019 lalu di Singapura.

Kehadiran sang juara di kampung halamannya disambut haru keluarga besar beserta pemerintah kabupaten Buru.

Mendampingi Ongen menginjakan kaki di tanah Buru, ialah Kadispamsan AU, Marsekal pertama Donald Kasenda.

Penyambutan Ongen bukan saja secara kemiliteran dan formalitas pemerintahan kabupaten setempat. Ongen bahkan disambut dengan serangkaian upacara adat khas desa dimana Ongen di besarkan.

Kadispamsan AU, Marsekal pertama Donald Kasenda menyatakan, pimpinan TNI Angkatan Udara (AU) memberikan hadiah, apresiasi dan  reword  kepada Ongen karena prestasinya.

Pimpinan TNI AU juga memerintahkan secara khusus kepada jajarannya untuk mengantar pria kelahiran 15 Juli 1994 tersebut untuk sampai di tanah lahirnya.

“Prestasi yang dicapai Ongen pada tanggal 7 kemarin, maka pimpinan TNI AU memerintahakn Kadispamsan selaku pembina tinju di TNI AU untuk menghantarkan Ongen pulang kampong. Luar biasa perhatian pimpinan terhadap prajurit berprestasi,” singka Donald.

Sementara Bupati kabupaten Buru, Ramli I Umasugi mengatakan prestasi Ongen ongen harus dilihat sebagai spirit baru untuk memacu motivasi tinggi kepada kaum muda di kabupaten Buru Khususnya, Maluku dan Indonesia umumnya.

Ia mangakui, kebetulan dirinya saat ini tengah memimpin wadah berhimpun para petinju yakni Pertina Maluku. Menurutnya, prestasi Ongen merupakan prestasi sangat menggembirakan.

Bupati menyatakan telah berbicara dengan Gubernur Maluku Murad Ismael untuk dapat memberikan perhatian dan support kepada generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Nantinya minat dan bakat itu disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti TNI maupun Polri.

“Kemarin saya sudah bicara dengan pak Gubernur bahwa, kalau ada anak-anak kita Petinju-petinju muda kita yang memiliki prestasi baik ada yang berkeinginan untuk menjadi anggota TNI maupun Polri, tolong untuk kita fasilitasi. Nanti kalau sudah masuk bisa digodok di satuan atau angkatannya,” ungkap Bupati.

Perihal sosok Ongen sendiri secara pribadi, Bupati menyatakan, sepintas mengenal Ongen, orang sangat sederhana ulet. Tentunya menjadi juara dunia ini, tentu mengutamakan kedisiplinan tinggi. Ongen ini disiplinnya kuat.

“Disiplin yang kuat, motivasi yang kuat dan memliki semangat. Semangat tanding yang luar biasa sehingga mampu mengangkat dan mengahrumkan bangsa dan Negara,” tegasnya.

Perihal persiapan pertahankan juara, Bupati Ramli atas nama pemerintah kabupaten Buru memberikan dukungan, dorongan dan meminta doa. Agar dapat mempertahankan juara putra terbaik kabupaten Buru itu.

Untuk diketahui, kedatangan ongen ke Pulau Buru dimaksutkan untuk memberikan motivasi bagi generasi muda di Maluku. Ongen diberi kesempatan berkumpul dengan keluarga selama kurang lebih 3 hari sebelum kembali menjalani pelatihan untuk pertandingan mempersiapkan gelar juara menghadapi penantangnya asal Jepang pada November 2019 mendatang.*** Edhelweis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *