Kenal Kehidupan Kampus STKIP Ita Wotu Nusa Gelar PKKMB

Tak Berkategori

KABARTERKINI.NEWS – Sebanyak 86 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa (IWN), mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB ini mengusung tema “Mewujudkan mahasiswa yang berkarakter, inovasi dan kreatif menuju visi misi STKIP IWN’.

Kegiatan PKKMB tersebut dibuka Ketua Yayasan STKIP Ita Wotu Nusa, Ibrahim Wokas, di ruang Aula kampus tersebut, Senin 2 September 2019.

Ketua STKIP Ita Wotu Nusa, Ibrahim Wokas, pada acara pembukaan PKKMB, mengatakan PKKMB sebagai wadah mahasiswa untuk mengenal kehidupan kampus, budaya kampus, mengenal budaya disiplin dan budaya baca. Selain itu, menceritakan sejarah berdirinya kampus tersebut di Kabupaten Seram Bagain Timur (SBT).

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB, Jamaludin Ohibor, dalam laporannya menggarisbawahi kalau PKKMB adalah pembentukan karakter mahasiswa untuk selalu bijak beradapatasi, berpikir kreatif untuk mencipkana generasi yang cerdas dan peduli, bertanggung jawab dan tangguh.

Hal senada juga di sampaikan Stering Comit PKKMB Jamal Kusa disela-sela kegiatan tersebut kepada media ini mengatakan PKKMB sebagai kesempatan pertama bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan mengetahui dunia kampus dan kesempatan pertama untuk mendapat gambaran umum tentang proses yang akan selalu diikuti ke depannya di kampus tersebut.

“PKKMB juga sebagai wadah pembentukan karakter mahasiswa baru untuk selalu bersikap bijak dan sebagai senior saya harapkan untuk memberikan yang terbaik,” ujar mahasiswa kelahiran Bitorik 1 Januari 1997 itu.

Dikatakan Kussa yang juga Ketua GMNI Komisariat STKIP Ita Wotu Nusa, melalui PKKMB tahun 2019 ini, diharapkan dapat membantu percepatan adaptasi mahasiswa baru dengan kehidupan barunya di lingkungan STKIP Ita Wotu Nusa. Percepatan adaptasi ini sangat penting dilakukan, mengingat adanya perbedaan mind set, iklim pembelajaran dari jenjang pendidikan sebelumnya.

Sementara itu Wakil Ketua I Bidang Akademik, Dzul Kifli Retob dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada para mahasiswa baru STKIP Ita Wotu Nusa yang mengikuti kegiatan PKKMB sebagai tahap pertama untuk menapaki kehidupan dunia kampus. Para mahasiswa baru diharapkan cepat beradaptasi dengan lingkungan kehidupan kampus, sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai bidangnya masing-masing.

“Saat ini telah banyak perubahan positif yang dilakukan STKIP Ita Wotu Nusa, dan kita diapresiasi dalam setiap kegiatan daerah yang di gelar oleh Pemerintah Daerah. STKIP Ita Wotu Nusa selalu tampil dan memberikan yang terbaik, saya harapkan mahasiswa baru juga kedepannya menjadi lebih baik lagi dalam tingkatan prestasi di kampus ini,” ujar Retob.

Ditegaskannya, STKIP Ita Wotu Nusa hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat Kabupaten SBT untuk membantu pemerintah daerah dalam melahirkan generasi bangsa yang memiliki keterampilan yang unggul, profesioal, mandiri dan berdaya saing sebagaimana visinya.

“Dengan hadirnya STKIP Ita Wotu Nusa di SBT, generasi muda saat ini memiliki kompetensi keilmuan yang dapat dijadikan bekal hidupnya di masa yang akan datang,” tutur Retob.

Dikatakanya, Jika sebelumnya pada penerimaan mahasiswa baru diberlakukan Ospek, namun dalam tahun ini, STKIP Ita Wotu Nusa mengganti ospek menjadi program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiwa Baru (PKKMB).

“Dengan PKKMB ini, mahasiswa diberi materi-materi dalam memperkenalkan kampus.  Materi yang diberikan juga berbagai macam yang mana tujuannya juga untuk menambah wawasan,” kata Retob.

Pelaksanaan PKKMB tersebut dilaksanakan sejak tanggal 2-3 September 2019. Kegiatan PKKMB diikuti oleh mahasiswa baru dari tiga program studi, yakni Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Hadir pada acara pembukaan PKKMB tersebut Ketua Yayasan STKIP Ita Wotu Nusa Ibrahim Wokas, Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzulkifli Retob, Ketua III Bidang Kemahasiswaan Muhammad Rizal Toyo, Kepala Pangkalan Data Dikti STKIP Ita Wotu Nusa Isnawi Derlauw, Kepala UPT KKN Universitas Pattimura Dominggus Tahya dan Panitia PKKMB 2019. (Im/Sof)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *