Kampung Wailola SBT Gelar Tradisi Khas Ramdhan “Buka Puasa Bersama”

Indonesia Indah Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS-– Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sakral untuk masyarakat Indonesia. Salah satu tradisi yang khas darinya adalah tradisi buka puasa bersama warga masyarakat.

Hal ini yang dilakukan sejumlah masyarakat dan jamaah mesjid As – Salam Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Tumpah ruah masyarakat dari berbagai kalangan di Jalan Baru KPU Negeri Administratif Kampung Wailola Kota Bula ikut berbuka puasa di halaman mesjid tersebut, pada hari ini, Minggu, (26/12/2019).

Sekretaris Panitia Mesjid As-Salam Sidik Rumalowak, kepada media ini mengatakan acara berbuka seperti ini baru perdana di lakukan oleh panitia dan masyarakat setempat, dikarenakan mesjid tersebut belum rampung di kerjakan dan saat ini masyarakat sudah bisa melakukan ibadah di mesjid tersebut. Walaupun banyak kekurangan yang masih banyak di kerjakan.

ÔÇťAcara berbuka seperti ini sudah menjadi agenda rutin bagi kita masyarakat Kabupaten SBT akan tetapi di Mesjid As-Salam ini baru pertama kali di lakukan mengingat mesjid ini baru di bagun dalam jangka waktu tiga bulan terakhir ini dan Alhamdulillah kami bisa upayakan untuk beribadah di bulan Ramadhan kali ini dan lebih khusus lagi bisa berkumpul bersama warga untuk buka puasa bersama,” ujar Rumalowak.

Selanjutnya setelah acara berbuka dilanjutkan dengan shalat magrib yang dipimpin langsung oleh Bapak Imam mesjid setempat.

“Alhamdulillah kebersamaan, silaturahmi dalam suatu lingkungan merupakan makna dari kebahagiaan kehidupan
buka puasa bersama mesjid As-Salam. Suasana ramadhan dari lorong, pinggiran kota bula ternyata banyak makna yang dapat kita petik, dan tetap menjadi inspirasi,” pungkas Rumalowak.

Rumalowak juga menyampaikan ada banyak sekali ibadah yang bisa dilaksanakan selama Ramadhan. Mulai dengan ibadah puasa wajib, solat wajib berjemaah di masjid, memperbanyak sedekah, memperbanyak bacaan Alquraan, memperbanyak solat sunah dan ibadah-ibadah lain. Terlebih lagi selama bulan ini untuk kata Rumalowak umat Islam untuk disimpan diri dari segala bentuk yang bisa menjerumuskan untuk dosa.

“Jadi harapan kami selama Ramadhan umat Islam benar-benar menjalankan seperti yang disampaikan Allah dalam surat Albaqoroh ayat 83. Yang intinya menambah keimanan dan bertaqwalah untuk Allah,” ujar Rumalowak yang juga Kepala Disdukcapil SBT tersebut.

Di Mesjid As-Salam sendiri ada banyak kegiatan yang bisa membantu umat Islam memperbanyak pahala selama Ramadhan. Yakni solat berjemaah untuk solat wajib dan solat sunah tarawih. Ada buka puasa bersama, ceramah agama, tadarus dan kegiatan ibadah lainya.*** Im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *