Jokowi Beri Sinyal Sang Menantu Tertarik Masuk Politik

News Politik

KABARTERKINI.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai membuka kemungkinan salah satu anggota keluarganya masuk ke politik. Namun, orang tersebut bukan kedua anak lelakinya melainkan menantunya yang bernama Bobby Nasution.

Hal tersebut terungkap saat Jokowi dan keluarga berbincang dengan wartawan di sebuah restoran di Kebun Raya Bogor, Sabtu (8/12). Saat itu awak media menanyakan apakah Gibran Rakabuming siap mengikuti jejak politiknya di masa depan.

Jokowi mengatakan, kedua anak lelakinya yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep lebih senang mengurus usahanya saat ini. Akan tetapi berbeda dengan Bobby, Jokowi melihat suami Kahiyang Ayu ini mulai menunjukkan ketertarikan terhadap dunia politik ketimbang anggota keluarganya yang lain. Jokowi menyebutkan, Bobby kerap berdiskusi soal politik dengannya.

“Saya lihat yang feeling politiknya masuk itu Bobby. Saya lihat sudah ada keinginan berpolitik. Bicara politik juga sudah,” kata Jokowi. Hal ini berbeda dengan Gibran yang lebih senang menggeluti dunia usaha.

Meski demikian, Jokowi mempersilahkan anak-anaknya untuk menggeluti jalan apapun. Apalagi, sejak kecil mereka telah diberi kebebasan untuk mencapai cita-citanya. “Tapi, prinsipnya mereka tahu yang boleh dan tidak boleh,” kata Jokowi.

Sementara itu, Gibran beranggapan, untuk saat ini dia mengikuti jejak Jokowi sebagai pengusaha. Namun, dia memiliki pandangannya tersendiri terhadap dunia politik. Ia mengatakan, tidak boleh masuk politik kecuali sudah mapan secara mental dan finansial. “Jadi anak muda tidak boleh apatis, harus punya pandangan politik tapi tidak boleh berpolitik (kecuali) ketika mapan mental dan ekonomi,” kata Gibran.

Gibran juga mengakui seseorang harus berpolitik apabila ingin membuat kebijakan yang menyentuh rakyat banyak. Dia merasakan sebagai pengusaha swasta, kontribusi yang diberikan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) tidak akan menyentuh banyak masyarakat bawah. “Karena pengusaha yang sukses harus ada kontribusi ke masyarakat,” ujar Gibran.

Pada kesempatan tersebut, Penyanyi Tompi yang menjadi pemandu acara sempat menanyakan apakah pernyataan tersebut merupakan kode dari Gibran untuk mulai berpolitik. Namun, Gibran menjawab, politik itu harus menjadi panggilan hati. “Itu (berpolitik) kan panggilan,” kata Gibran.

Bobby, yang sempat disinggung Jokowi tertarik berpolitik, memilih untuk mengikuti Gibran yang fokus membenahi dunia usaha. “Saya sama seperti Mas Gibran, di dunia usaha dulu saja,” ujar Bobby sembari menggendong anaknya, Sedah Mirah.***

Ameidyo Daud | Editor: Hari Widowati (katadata.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *