Intruksi Dirjen, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual Buka Layanan Paspor Simpatik

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS – GUNA memberikan kemudahan kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual turut melaksanakan instruksi Direktorat Jendral Imigrasi melalui Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Maluku menyelenggarakan “Layanan Paspor Simpatik”.

Sistem yang diterapkan dalam pelayanan paspor tersebut adalah walk-in sehingga masyarakat tidak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui Aplikasi Pelayanan Antrian Paspor Online. Kuota yang diterapkan dalam pelayanan paspor simpatik adalah 30 (tiga puluh) orang per hari dengan batas waktu penerimaan sebagaimana sudah ditetapkan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, Andi lewat via phone, Rabu (19/03).

Disampaikannya, layanan Paspor Simpatik ini diselenggarkanan pada hari Sabtu (Minggu ke 2) setiap bulannya.

“Layanan Paspor Simpatik ini, dimulai dari pukul 08.00 WIT hingga 12.00 WIT bertempat di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual,” terangnya.

Layanan ini juga dimanfaatkan masyarakat yang tidak sempat mengajukan permohonan paspor di hari kerja, karena kesibukannya atau ada juga yang sekolah dan lain-lain sehingga masyarakat dapat memanfaatkan adanya layanan paspor simpatik ini dengan baik.

Dikatakan Andi, kemudahan lain yang diperoleh masyarakat dengan diadakannya layanan paspor simpatik adalah masyarakat bisa langsung datang ke Kantor Imigrasi tanpa harus melakukan pendaftaran online.

“Masyarakat tinggal membawa berkas asli dan fotocopy persyaratan pembuatan paspor yang meliputi e-KTP, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran / Ijazah / Buku Nikah,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, sedangkan masyarakat yang ingin melakukan penggantian paspor habis berlaku ataupun penggantian paspor halaman penuh cukup dengan membawa paspor lama dan e-KTP.

“Semenjak diadakanya Layanan Paspor Simpatik, dari Januari hingga Maret Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual sudah melayani 17 Permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (Paspor). Tujuan pembuatan paspor diantaranya untuk berwisata, berobat dan umroh,” jelasnya.

Diakuinya, kegiatan Layanan Paspor Simpatik yang dilaksanakan di akhir pekan ini mendapatkan respon positif dan apresiasi dari para pemohon paspor.

“Beberapa pemohon juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas Imigrasi Tual yang tetap bersedia melayani permohonan paspor walaupun di hari Sabtu,” tutupnya. *** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *