HMI Cabang Ambon Dorong Maluku Bangun Emberkasi Haji Antara

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon menyatakan sikap dukungannya atas upaya Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku dan Pemerintah Provinsi Maluku menjadikan Ambon sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA).

Dukungan ini disampaikan oleh Ketua HMI Cabang Ambon Mizwar Tomagola beserta pengurus saat melakukan audiens dengan Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis, S.Ag yang mewakili Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd di ruang Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku, Jumat (20/9).

“Kami selaku pengurus HMI Cabag Ambon sangat mendukung upaya Kemenag Maluku dan Pemerintah setempat realisasikan embarkasi haji antara di Kota Ambon, karena tentu akan sangat berdampak positf bagi masyarakat,” kata Tomagola

Ia menilai, keberadaan embarkasi haji antara di Kota Ambon memang memiliki beberapa manfaat. Selain memudahkan calon jamaah haji, keberadaan embarkasi haji antara di sana juga akan meningkatkan efisiensi karena akan memotong beban biaya yang tak perlu.

Ambon sebagai EHA menurut Tomagola harus diiplementasikan, mengingat Provinsi Maluku merupakan wilayah archipelago yang terdiri dari 1.340 pulau, 2 kota dan 9 kabupaten sehingga memiliki masalah aksebilitas dan konektifitas yang sangat rumit dibandingkan dengan daerah kontinental. Kondisi ini tentu mempengaruhi tata kelola pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji.

“Dengan adanya embarkasi haji antara akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah ini baik sarana, prasarana maupun ekonomi masyarakat. Mengingat selama ini dalam peta pembangunan nasional selalu menempatkan Makassar sebagai sentra indonesia timur,” kata Mizwar

Sementara itu, Kabag TU Jamaludin Bugis S.Ag mengatakan, Kementerian Agama saat ini sangat serius untuk menjadikan Ambon sebagai embarkasi haji antara. Untuk itu berbagai pembangunan fasilitas dan sarana penunjang ibadah haji yang ditetapkan Kemenag terus digalakan.

“Pemerintah saat ini tentu sangat konsen untuk pembangunan sarana EHA sebagai syarat yang ditetapkan oleh Kemenag. Mudah-mudahan embarkasi haji antara bisa terlaksana di tahun 2020, karena dengan adanya Embarkasi Haji Antara ini, tentu akan membawa manfaat yang besar bagi Provinsi Maluku setiap tahunnya,” pungkas Bugis.*** INMAS-RESI | TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *