Hijaukan Lagi IAIN Ambon, Kontribusi Kodam Pattimura Jelang 74 Tahun TNI

Kabar Nasional News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS– Kerusakan yang terjadi pada sebagian besar lingkungan hidup adalah dampak dari perilaku manusia yang tidak peduli pada keberlangsungan lingkungan hidup.

Akibatnya, kerusakan lingkungan terjadi baik di gunung, hutan maupun pantai telah menimbulkan banyak gangguan bahkan bencana.

Saat ini, hutan sudah banyak yang gundul, sampah dan banjir menjadi peraoalan dimana-mana, serta habitat aneka satwa dan fauna maupun ekosistem bumi terancam punah.

Peduli dengan realitas lingkungan saat ini, dan terkait momentum peringatan HUT TNI Ke 74 pada 05 Oktober 2019 mendatang.

Jajaran TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura menyadari penuh akan hal itu. Olehnya, institusi yang tengah dinahkodai Panglima Mayjen TNI Marga Taufiq tersebut berkontribusi nyata dengan menggelar program penghijauan lingkungan di berbagai lokasi di dalam wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Kegiatan penghijauan yang diinisiasi Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq tersebut, juga dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kejayaan Provinsi Maluku yang sudah lama dikenal memiliki segudang kekayaan khas berupa potensi keindahan alam, dan aneka tanaman legendaris atau pohon-pohon langka yang bernilai ekonomi tinggi diantaranya pohon pala, cengkeh, samama, pohon kayu besi, pohon linggua dan pohon torem.

Salah satu tugas dan peran utama TNI di masa damai adalah menjaga ketahanan nasional, dalam hal ini menyangkut ipoleksosbudhankam, salah satunya dengan kegiatan penghijauan. Penghijauan sebagaimana diketahui sangat berpengaruh dalam kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh manusia di sini dan dimanapun.

Menyongsong peringatan HUT TNI Ke-74, tepat hari Kamis (19/9) kemarin, Kodam XVI/Pattimura yang langsung dipimpin Pangdam XVI/ Pattimura bersama jajarannya dan elemen kampus serta berbagai unsur masyarakat lainnya melakukan penanaman lebih dari 1.000 pohon di lahan sekitar Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Bukan saja IAIN Ambon, penghijauan juga dilakukan di Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon. Dalam rombongan Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq juga ikut serta Ketua Dharma Pertiwi Daerah Q Ny. Nida Marga Taufiq.

Beragam jenis pohon ditanam dalam aksi bertema “Satu Dunia, Satu Kehidupan dan Satu Kesempatan Untuk Menjaganya”, diantaranya pohon seperti palaka, sukun, samama, miranti, kenari, cempedak, durian, bakau dll.

Kegiatan yang dimotori Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng Kampus IAIN dan Paguyuban Budiasi di Ambon ini, juga merupakan program Serbuan Teritorial yang dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan September dan Oktober 2019.

“Dari berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, kita fokuskan ke penghijauan, secara serius. Kita lakukan kegiatan secara lokal tapi semoga ini akan berdampak pada kepentingan global”, tandas Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

Tema ini dipilih dengan harapan besar agar bisa memunculkan semangat sadar lingkungan pada masyarakat Maluku khususnya generasi muda dari semua elemen yang berada di Pulau Ambon. Disamping juga bertujuan mengembangkan dan meningkatkan program penghijauan Pemerintah di Bumi Raja-Raja.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menanam sekaligus memelihara pohon-pohon termasuk pohon mangrove yang ada di Teluk Ambon”, kata Pangdam.
Lebih jauh Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengharapkan agar semua tanaman penghijauan itu dapat tumbuh dengan subur dan dapat menghijaukan lingkungan di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Sejak diinisiasi Mayjen TNI Marga Taufiq pada awal 2019 hingga saat ini sudah lebih dari 2500 bibit pohon yang telah ditanam di seluruh wilayah jajaran Kodam XVI/Pattimura. Inisiatif penanaman pohon ini, tegas Mayjen TNI Marga Taufiq akan terus dilanjutkan sehingga secara kuantitas akan lebih banyak lagi pohon yang tumbuh di masa depan.*** Pendam16/TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *