Hari Ini Puncak Ritual Panas Pela Sohuwe dan Lumapelu, Kedua Negeri Tunggu Kedatangan Bupati

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Puncak ritual panas pela antara negeri Sohuwe dan Lumapelu hari ini digelar. Panas pela dua negeri beraudara itu dipusatkan di balai pertemuan Negeri Lumapelu Kecamatan Taniwel Timur Kabupaten SBB, Senin (15/07).

Informasi yang dihimpun media ini ada kurang lebih 300 warga pela negeri sohuwe yang hadir untuk menggelar ritual panas pela yang lima tahun sekali digelar ritual sakral ini bersama negeri Lumapelu.

Kedatangan pela sohuwe disambut baik dengan dikela pela Lumapelu dengan menggunakan tali rotan menuju balai pertemuan dimana ritual panas pela itu gelar.

Pejabat Negeri Lumapelu F. Elake kepada KABARTERKINI.NEWS di Lumapelu menjelaskan hari ini puncak di mana ritual panas pela kedua negeri sohuwe dan Lumapelu itu digelar dan pela sohuwe telah berada di rumah warga Negeri Lumapelu.

“Pela Sohuwe sudah tiba dan sudah dibagikan ke rumah warga negeri Lumapelu sambil menunggu ritual panas pela itu digelar,” ungkapnya.

Elake mengakui, pihaknya saat ini hanya menunggu pihak pemerintah daerah dalam hal ini Bupati sebagai kepala daerah untuk membuka secara resmi ritual panas pela antara kedua negeri Sohuwe dan Lumapelu.

“Selain ritual panas pela akan dilakukan pula sumpah adat dan ibadah syukuran yang akan dilaksanakan oleh kedua negeri yang memiliki ikatan pela secara bersama – sama,” pungkasnya***FIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *