Disdikbut Provmal Menyelenggarakan Pameran dan Lomba Pidato

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Dinas Pendidikan dan dan Kebudayaan (Disdikbut) Provinsi Maluku menggelar Pameran Temporer Sejarah Perjuangan Bangsa, Lomba Pidato Perjuangan dan Lomba Permainan Tradisional di Museum Siwalima Ambon, Senin (26/8).

“Salah satu tugas dari Museum siwalima Ambon adalah menyebarluaskan informasi tentang benda sejarah dan budaya yang ada di museum kepada masyarakat khususnya peserta didik, dan salah satu kegiatan penyebaran informasi tersebut melalui pameran, baik pameran keliling maupun pameran temporer,” jelas Kepala Museum Siwalima, Jean Esther Saiya.

Pameran temporer ini mengambil tema Sejarah Perjuangan Bangsa dan dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku ke-74 tahun 2019.

“Tujuannya agar peserta didik dapat belajar membekali diri dengan pengetahuan sejarah masa lalu untuk menyongsong masa depan yang lebih baik sebagai generasi penerima tongkat estafet pimpinan bangsa dan daerah ini kedepan,” katanya Saiya.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Kepala Tata Pemerintah Setda Provinsi Maluku, Hendry Far-far mengatakan bahwa pameran ini merupakan salah satu media untuk menanamkan nilai – nilai Perjuangan dari sejarah bangsa di masa lalu kepada generasi muda sehingga mereka memiliki kesadaran untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang berkualitas sehingga mereka tidak akan kehilangan daya juang di era milenial ini.

Dengan pameran ini, lanjutnya, perjalanan sejarah bangsa diingatkan kembali bagaimana perjuangan untuk merebut kemerdekaan, berbagai halangan dan hambatan yang telah dilalui oleh rakyat, dan titik puncak perjuangan Indonesia dengan diproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019. Dengan bersatu, Indonesia bisa merdeka, melepaskan ikatan penjajahan sehingga berhak untuk menentukan nasib dan masa depan bangsanya sendiri.

Selain Pameran Temporer, akan diadakan kegiatan lomba pidato tingkat SMA/SMK/MA dan permaian tradisional anak tarompa untuk tingkat SD, MI. Tujuan pertama dari kegiatan ini adalah membangkitkan minat masyarakat dan peserta didik untuk mengunjungi museum siwalima, kedua meningkatkan minat peserta didik untuk belajar sejarah dan berjuang untuk mengisi kemerdekaan, ketiga menciptakan rasa bangga dan cinta tehadap tanah air melalui sejarah perjuangan bangsa, keempat menumbuhkembangkan sikap saling menopang, saling menghargai sejak usia anak – anak untuk menciptakan generasi maluku cerdas.

“Pelaksanaan pameran ini akan berlangsung dari tanggal 26-30 Agustus 2019. Di ruang pameran tetap sejarah dan budaya museum siwalima, lomba pidato tingkat SMA, SMK, MTS akang diselenggarakan tanggal 27 Agustus 2019 di ruang teater museum siwalima, sedangkan lomba tarompa tingka SD, MI, akan diselenggarakan tanggal 28 Agustus 2019 di lapangan mandala karpan,” tutupnya.***Riska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *