BUMN Meriahkan Hari Merdeka di Namlea

Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS– PT Pegadaian (Persero) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menggelar upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 di Lapangan MTQ Kabupaten Buru di Namlea.

Upacara tidak hanya dihadiri oleh siswa lokal tetapi juga oleh siswa-siswi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal DKI Jakarta. 

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto.

Kuswiyoto mengatakan, pengembangan wilayah seperti Namlea perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan garda depan sebuah negara.

“Untuk itu, Pegadaian sebagai agen pembangunan merasa penting untuk terus melakukan pembangunan Indonesia di kota ini. Upacara 17 Agustus kali ini sangat istimewa, karena Pegadaian dapat menyelenggarakan di tempat bersejarah,” ujar Kuswiyoto dalam rilis Humas Pegadaian, Sabtu (17/08).

Namlea, kata dia merupakan ibukota Pulau Buru pada saat penjajahan oleh Belanda dengan potensi sumber daya alam yang melimpah.

“Kini Indonesia sudah merdeka, Pegadaian sebagai perusahaan negara harus ikut membangun dan menjadi agen perubahan di berbagai wilayah,” kata Kuswiyoto, selaku inspektur upacara di Alun-Alun MTQ Kota Namlea.

Sementara Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro sebagaimana pers rilis yang diterima bahwa pertama kalinya baik bagi Pelni maupun para siswa program SMN 2019 mengadakan upacara di Namlea. 

“Kali ini kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda untuk siswa siswi SMN 2019. Di bawah Pelni dan Pegadaian, siswa siswi kami ajak terbang dari Ambon ke Namlea untuk melaksanakan upacara peringatan HUT RI Ke-74,” ucap Yahya.

Tidak hanya menyelenggarakan upacara, Pelni juga mengadakan berbagai permainan dan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI.

“Kami menyediakan berbagai macam perlombaan serta hadiah yang menarik. Tidak hanya dapat dinikmati oleh para siswa tetapi juga kami ingin melibatkan masyarakat setempat. Sehingga kehadiran BUMN dapat dirasakan semua lini masyarakat,” paparnya.

Selain perlombaan, Pelni dan Pegadaian juga mengadakan jalan sehat yang melibatkan masyarakat lokal pada Minggu (18/8) hari ini.

Selain itu, untuk melengkapi rangkaian HUT RI ke-74, Pelni beserta Pegadaian mengadakan berbagai macam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang juga dilaksanakan di Namlea, beberapa di antaranya ialah bantuan penyediaan air bersih serta elektrifikasi 50 unit rumah, pembuatan MCK dan bantuan bedah rumah untuk masyarakat di Kecamatan Nametek.

“Program tersebut merupakan salah satu dari Program Kemitraan Bina Lingkungan. Kami telah melakukan survey lokasi mana saja yang sekiranya memerlukan bantuan. Sehingga diharapkan bantuan dapat diberikan secara tepat sasaran,” pungkas Yahya.

Untuk diketahui, Pegadaian memberikan bantuan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dan Bina Lingkungan senilai Rp1,7 miliar, sebagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di 34 Provinsi di Tanah air.*** Rul/Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *