BUMN Bongkar Manajeman 4 Bank, Putra Maluku Ini Duduki Kursi Wakil Komisaris Utama BNI

Indonesia Indah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS- Hambra Samal putra Maluku asal kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) resmi jabat Wakil Komisaris Utama PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Senin (13/5/2019).

Jabatan Baru tersebut hasil kesepakatan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT BBNI yang mana memutuskan untuk mengganti dua komisaris. Kedua komisaris baru tersebut diantaranya Hambra Samal yang menduduki posisi Wakil Komisaris Utama dan Ratih Nurdiati sebagai Komisaris.

“[Hasil RUPST] menyetujui pengangkatan Saudara Hambra Samal sebagai Wakil Komisaris Utama berlaku sejak ditutupnya RUPST hari ini dan mengangkat Saudari Ratih Nurdiati sebagai anggota komisaris,” kata Direktur Utama Bank BNI, Achmad Baiquni, dalam konferensi pers hari ini, sebagaimana dikutip dari laman CNBCindonesia.com.

Dalam rilis tersebut dijelaskan, dengan masuknya dua komisaris baru tersebut, pemegang saham dan direksi secara resmi memberhentikan Wahyu Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama perwakilan Kementerian BUMN kemudian digantikan oleh Hambra Samal. Pemegang saham juga memberhentikan Bistok Simbolon sebagai anggota komisaris digantikan Ratih Nurdiati.

Achmad Baiquni menjelaskan, alasan mengangkat Hambra menjadi Wakil Ketua Komisaris Bank BNI karena Wahyu Kuncoro sudah terlalu lama menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama.

“Pertimbangannya dari Kementerian BUMN kemungkinan karena Pak Wahyu sudah cukup lama di sini hpir 4 tahun. Saya rasa perlu dilakukan rotasi di dalam BUMN karena sebelumnya Pak Wahyu Deputi BUMN,” ucap Baiquni.

Hambra Samal merupakan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis sejak 9 Februari 2016 hingga sekarang. Sebelum itu,Hambra menjabat sebagai staf ahli komunikasi strategis dan hubungan industrial sejak 27 Juli 2015 sampai 8 Februari 2016.

“Pak Hambra sering bantu di bidang hukum Bank BNI. Jadi paham perbankan. Bu Ratih karena mantan Sekretaris Kabinet (Sekab) sekarang wakil Sekab saya rasa tidak jauh dengan Pak Bistok,” ucap Baiquni.

Sebelumnya diinformasikan, dalam keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan menyelenggarakan RUPST tanggal 13 Mei 2019 (hari ini). sejumlah Bank lain yang akan di RUPST ialah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) tanggal 15 Mei 2019, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tanggal 16 Mei 2019 dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tanggal 17 Mei 2019.

RUPST yang dilakukan demi menjaga fleksibilitas, manajemen 4 bank BUMN.*** Rul/TIM/cnbcindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *