Berkembang Tecnologi, Orang Tua Harus Tahu Berbuat Apa

Kabar Nasional News Opini dan Artikel Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS- Anak-anak di era digital tak pernah lepas dari benda-benda yang berhubungan dengan teknologi. Hadirnya tablet di belahan dunia, membuat anak-anak akrab dengan media yang merupakan pengembangan dari gabungan komputer dan handphone ini.

Tak dapat dipungkiri, kehadiran tablet bisa membawa manfaat yang sangat melimpah, namun juga bisa memberikan dampak negatif bagi anak-anak. Bagaimana pun peran orang tua sangatlah penting dalam hal ini.

Banyak orang tua membatasi anaknya untuk bermain gadget karena berbagai macam alasan, misalnya banyak anak-anak yang mengalami sakit mata, sakit kepala, gangguan perkembangan motorik, dan lainnya. Hal ini biasanya disebabkan karena penggunaan gadget secara berlebihan.

Anak-anak yang terbiasa memainkan tablet dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengalami kecanduan. Biasanya anak yang sudah mengalami kecanduan gadget akan merasa sangat kesepian bila ia tidak memainkan tablet sebentar saja. Bila anak-anak sudah merasa terlalu nyaman dengan “dunia maya” semangat belajar anak pun bisa menurun dan malas untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sosialisasi.

Selain itu, banyak pula konten-konten di dunia maya yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak, misalnya hal-hal yang berhubungan dengan adegan kekerasan, pornografi, dan kata-kata kasar. Dampak negatif yang sudah terlihat adalah maraknya pemberitaan tentang kekerasan, pemerkosaan, dan kejahatan-kejahatan lain yang banyak dilakukan oleh anak-anak. Sebagai orang tua, tentu Anda tidak ingin buah hati anda terlibat dalam kejahatan-kejahatan tersebut.

Untuk mengatasi dampak negatif dari perkembangan teknologi, beberapa pengembang web dan aplikasi telah membuat banyak sekali produk yang menarik dalam bentuk aplikasi, film, software, dan produk digital lainnya. Pemerintah banyak memberikan dukungan kepada pengembang produk digital untuk terus menghasilkan produk menarik, terutama yang memiliki nilai edukatif karena selain bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak, penggunaan produk digital juga bisa menghemat penggunaan kertas.

Tentu saja hal ini juga sangat didukung oleh para penggiat gerakan “Go Green”, karena banyak hutan akan terselamatkan. Banyak orang menyebut bahwa zaman sekarang adalah “era paperless”, di mana penggunaan kertas dalam menghasilkan sebuah “buku” bisa diminimalkan dan diganti produk-produk digital yang hanya membutuhkan tenaga pemrograman dan media yang praktis saja.

Agar anak-anak bisa menggunakan teknologi secara bijak, komunikasi antara orang tua dan anak perlu dijaga. Hal ini sangat bermanfaat agar orang tua bisa menyampaikan hal-hal yang perlu menjadi “warning” bagi anak, misalnya pengelolaan waktu penggunaan gadget, membatasi aplikasi atau situs yang boleh dikonsumsi anak dan tidak, dan kesepakatan-kesepakatan lain yang perlu dibuat antara orang tua dan anak dalam hal penggunaan tablet.

Banyak orang tua sudah merasa tenang bila anak-anaknya merasa senang waktu menggunakan tablet. Padahal bisa saja anak-anak banyak menggunakan tablet sebagai pelarian atas kekesalan mereka, rasa kesepian mereka, atau permasalahan-permasalahan anak lainnya. Maka orang tua juga perlu meluangkan waktu bersama anak untuk berbicara, bermain, dan beraktivitas bersama, supaya anak-anak bisa mendapatkan kebahagiaan mereka, yaitu saat-saat bersama dengan orang tua, selain dengan memainkan tablet.

Artikel ini dimuat sebelumnya di http://tribratanews.kepri.polri.go.id/2019/02/28/peran-orang-tua-dalam-mendidik-anak-di-era-digital/ dengan judul : Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Penulis : Gilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.