Babak 1 Musabaqah Fahmil Qur’an Dewasa Usai, Peserta Melaju Babak Berikut

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Musabaqah Fahmil Qur’an atau lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat tingkat dewasa telah usai babak pertama.

Dalam perlombaan itu diikuti oleh enam group yang terdiri dari 3 grup putra dan 3 group putri.

Ketua dewan hakim cabang lomba Fahmil Quran , Jamaludin Bugis kepada media ini merincikan group group yang temab bertarung dan nantinya akan melaju ke babak berikut.

“3 group putra berasal dari Kabupaten kepulauan Aru sebagai group A, Kabupaten Malteng group B, dan Kabupaten Buru group C. Sedangkan untuk 3 group putri berasal dari Kabupaten SBB sebagai group A, Kabupaten Kepulauan Aru group B dan Kota Tual sebagai group C,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, untuk peserta grup lomba Fahmil Quran terdiri dari 6 group yakni 3 putra dan 3 putri dan hari ini (kemarin) lomba tersebut telah selesai.

Dia menjelaskan, untuk group Fahmil Quran  Putra Kabupaten SBB mempunyai nilai skorer 575, Kabupaten Kepulauan Aru 610, dan Kota Tual 2425.

Sedangkan untuk putra Kabupaten Kepulauan  Aru dengan nilai skorer  525. Kabupaten Malteng nilai  skorer 500 dan Kabupaten Buru dengan nilai skorer 2050 .

“Untuk lomba Fahmil Quran golongan putra dan putri remaja kedua peserta dinyatakan lolos dalam lomba pada babak final,” kata dia.

Dari hasil capaian nilai yang diperoleh masing-masing peserta grup lomba tersebut untuk putri Kota Tual menempati skorer tertinggi. Sedangkan untuk putra Kabupaten Buru menempati skorer nilai tertinggi yakni 2050.

Dia berharap dengan adanya lomba Fahmil Quran pada kegiatan MTQ tingkat provinsi ke XXVIII  ini agar pemerintah daerah pembinaan dan pembelajaran yang diberikan kepada peserta tak hanya pada momen MTQ, namun harus dibina dan diberikan pembelajaran secara berjenjang sehingga bisa melahirkan peserta yang handal untuk mewakili maluku di MTQ tingkat Nasional.

Lomba ini, kata dia, bisa bersaing ketat dan berkualitas,  maka seluruh LPTQ tingkat kabupaten mulai dari sekarang melakukan program pembinaan Fahmil Quran.

Menurutnya, Fahmil Quran bukan sekedar mempresentasikan peserta dalam menghafal paket-paket soal. Namun Fahmil Quran ini adalah sebuah proses untuk memahami isi kandungan Al-Quran.

“Target yang kita harapkan adalah bagaimana anak-anak kita bisa mendalami isi Al-Quran sebagai sebuah rujukan dan petunjuk untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. *** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *